Senin, 12 November 2018

KISI - KISI JBAR MGB SM NOMOR : 0283 JULI 2033

KISI-KISI KONTEN JURNAL ILMIAH UM (UNIVERSITAS MANDAILING)
TABLE OF SPECIFICATIONS OF THE SCIENTIFIC JOURNAL OF MU (MANDAILING UNIVERSITY)

JBAR MGB SM (JURNAL BULANAN ANALISIS RISET MIKRON GEN BIOLOGIS SEPANJANG MASA)
THE MONTHLY JOURNAL OF RESEARCH ANALYSIS OF BIOLOGICAL GENETIC MICRON OF ALL TIME


Juli 2033
July 2033


Arahan Pendiri & Ketum (Ketua Umum) 
MPP(G) YMR, Majelis Pimpinan Pusat (Global) Yayasan Mandailing Raya,
The Direction from The Founder & The General Chairman of 
The Central (Global) Leadership Assembly of The Great Mandailing Foundation,
Agussalim, ST bin Abdur Rahim Nasution


Materi - Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) di KPG (Kantor Pusat Global) MPP(G) YMR, Majelis Pimpinan Pusat (Global) Yayasan Mandailing Raya, Banggua, Desa Roburan Lombang, Kecamatan Panyabungan Selatan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara - Indonesia.
Materials of The Public Lecture of Afternoon Saturday of All Time with Electronic Teleconference in The Global Head Office of The Central (Global) Leadership Assembly of The Great Mandailing FoundationBanggua, Desa Roburan Lombang, Kecamatan Panyabungan Selatan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara - Indonesia.

Sabtu, 06 Agustus 2033 Materi Kuliah Umum - e-teleconference, "Eksistensi Koordinator Politbiro Pembinaan Organisasi LI JBAR MGB SM (Lembaga Internal Jurnal Bulanan Analisis Riset Mikron Gen Biologis Sepanjang Masa), Biro Pembinaan Organisasi Lembaga-Lembaga Internal YMR (Yayasan Mandailing Raya), Divisi Pembinaan Organisasi MPRT YMR (Majelis Pimpinan Rukun Tetangga Yayasan Mandailing Raya) di seluruh dunia yang dikonsentrasitaktiskan di Kabupaten Mandailing Natal" yang terdapat dalam JBAR MGB SM (Jurnal Bulanan Analisis Riset Mikron Gen Biologis Sepanjang Masa) Nomor : 0283/Juli/2033.
Saturday, August 06th, 2033 Public Lecture material - e-teleconference “Existence of The Coordinator of The Politburo of Organization Development of  The Internal Institution of The Monthly Journal of Research Analysis of Biological Genetic Micron of All Time, The Bureau of Organization Development of Internal Institutions of The Great Mandailing Foundation, The Division of Organizational Development of The Neighborhood Leadership Assembly of The Great  Mandailing Foundation on worldwide who concerned and tacticed in Kabupaten Mandailing Natal” contained in The Monthly Journal of Research Analysis of Biological Genetic Micron of All Time Number : 0283/July/2033.

Koordinator Politbiro Pembinaan Organisasi LI JBAR MGB SM (Lembaga Internal Jurnal Bulanan Analisis Riset Mikron Gen Biologis Sepanjang Masa), Biro Pembinaan Organisasi Lembaga-Lembaga Internal YMR (Yayasan Mandailing Raya), Divisi Pembinaan Organisasi MPRT YMR (Majelis Pimpinan Rukun Tetangga Yayasan Mandailing Raya) untuk merekomendasikan kepada Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL); Jurusan Hukum Administrasi Negara, Jurusan Hukum Masyarakat dan Pembangunan, Jurusan Hukum Bisnis, Jurusan Hukum Ekonomi, Jurusan Hukum Perdagangan Internasional dan Jurusan Hukum Keuangan Negara, Fakultas Hukum; Jurusan Pendidikan Teknik dan Kejuruan (JPTK), Jurusan Pendidikan Ekonomi dan Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan (PTB), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; Manajemen dan Kebijakan Publik (Ilmu Administrasi Negara) dan Ilmu Administrasi Publik, Fakultas ISIPOL (Ilmu Sosial & Ilmu Politik); Mu’amalah (Hukum Bisnis Islam), Keuangan Islam dan HES (Hukum Ekonomi Syari’ah), Fakultas Syariah; Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA); Jurusan Ekonomi dan Studi Pembangunan dan Jurusan Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan, Fakultas Ekonomi dan Manajemen; Jurusan Perencananaan dan Kebijakan Publik dan Jurusan Bisnis Islam, FE (Fakultas Ekonomi); The Department of Urban Studies + Planning, School of Architecture  and Planning (SA+P); Civil and Environmental Engineering, School of  Engineering;  BA (Master of Administration) Program, Agussalim  Management; Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK); dan Jurusan Manajemen dan Jurusan Kewirausahaan, Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) UM (Universitas Mandailing) untuk memutakhirkan dengan memahami Surat Edaran Nomor 10/SE/M/2018 tentang Pemberlakuan Standar Dokumen Pemilihan Pengadaan Jasa Konstruksi Dalam Rangka Lelang Dini di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk Tahun Anggaran 2019 yaitu Lampiran III Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 10 / SE / M / 2018 tentang Pemberlakuan Standar Dokumen Pemilihan Pengadaan Jasa Konstruksi dalam Rangka Lelang Dini di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk Tahun Anggaran 2019 yaitu
The Coordinator of THe Politburo of Organization Development of  The Internal Institution of The Monthly Journal of Research Analysis of Biological Genetic Micron of All Time, The Bureau of Organization Development of Internal Institutions of The Great Mandailing Foundation, The Division of Organizational Development of The Neighborhood Leadership Assembly of The Great  Mandailing Foundation to recomend to The Department of Civil Engineering, The Faculty of Civil and Environmental Engineering; The Department of State Administrative Law, The Department of Law of Public and Development, The Department of Business Law, The Department of Economic Law, The Department of International Trade Law and The Department of State Financial Law, The Faculty of Law; The Department of Engineering and Vocational Education, The Department of Economic Education and The Department of Building Engineering Education, The Faculty of Teacher Training and Education Science; Management and Public Policy (State Administration Science) and Public Administration Science, The Faculty of Social Sciences & Political Sciences; Mu'amalah (Islamic Business Law), Islamic Finance and Syari'ah Economic Law, The Faculty of Sharia; The Department of Civil and Environmental Engineering, The Faculty of Agricultural Technology; The Department of Economics and Development Studies and The Department of Resource and Environmental Economics, The Faculty of Economics and Management; The Department of Planning and Public Policy and The Department of Islamic Business, The Faculty of Economics; The Department of Urban Studies + Planning, School of Architecture and Planning (SA+P); Civil and Environmental Engineering, School of  Engineering; MBA (Master of Business Administration) Program, Agussalim  Management; The  Department of Regional and City Planning, The School of Architecture, Planning, and Policy Development; and The Department of Management and Department of Entrepreneurship, The School of Business and Management of MU (Mandailing University) to update by understanding The Circular Letter Number 10 / SE / M / 2018 concerning Enforcement of Standard of Selection Documents for the Procurement of Construction Services in the Context of Early Auction in the Ministry of Public Works and Public Housing for Budget Year 2019 namely is Annex III of The Circular Letter Number 10 / SE / M / 2018 concerning Enforcement of Standard of Selection Documents for the Procurement of Construction Services in the Context of Early Auction in the Ministry of Public Works and Public Housing for Budget Year 2019 namely

BAB X. SPESIFIKASI TEKNIS DAN GAMBAR
CHAPTER X. TECHNICAL SPECIFICATIONS AND IMAGES


Keterangan
Information

Pokja (Kelompok Kerja) Pemilihan menguraikan Spesifikasi Teknis dan Gambar yang diperlukan dalam pelaksanaan pekerjaan.
The Working Group of Elections describes the Technical Specifications and Drawings needed in the execution of the work.
 
A. Uraian Spesifikasi Teknis.
A. Description of Technical Specifications.

Uraian spesifikasi teknis disusun berdasarkan spesifikasi teknis yang ditetapkan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) sesuai jenis pekerjaan yang akan di-tender-kan, dengan ketentuan :
1.  Dapat menyebutkan merk dan tipe serta sedapat mungkin menggunakan produksi dalam negeri;
2.  Semaksimal mungkin diupayakan menggunakan standar nasional (SNI);
3.  Metode pelaksanaan harus logis, realistis dan dapat dilaksanakan;
4.  Jangka waktu pelaksanaan harus sesuai dengan metode pelaksanaan;
5.  Mencantumkan macam, jenis, kapasitas dan jumlah peralatan utama minimal yang diperlukan dalam pelaksanaan pekerjaan;
6.  Mencantumkan syarat-syarat bahan yang dipergunakan dalam pelaksanaan pekerjaan;
7.  Mencantumkan syarat-syarat pengujian bahan dan hasil produk;
8.  Mencantumkan kriteria kinerja produk (output performance) yang diinginkan;
9.  Mencantumkan tata cara pengukuran dan tata cara pembayaran.
The description of technical specifications is prepared based on technical specifications set by the Commitment Making Officer according to the type of work to be tendered, provided that:
1. Can mention the brand and type and wherever possible use domestic production;
2. As much as possible try to use national standards (SNI);
3. The implementation method must be logical, realistic and workable;
4. The period of implementation must be in accordance with the method of implementation;
5. List the types, kinds, capacities and number of the minimum main equipment needed in carrying out the work;
6. List the conditions of materials used in the execution of work;
7. Include product testing conditions and product results;
8. List the desired product performance (output performance) criteria;
9. Include procedures for measurement and payment procedures.

10.   Spesifikasi Bahan Bangunan Konstruksi:
10.   Construction Building Material Specifications:

a.  Pokja (Kelompok Kerja) Pemilihan harus memastikan bahan bangunan konstruksi sesuai hasil yang telah diidentifikasi oleh PPK (Pejabat Pembuat Komitmen).
a.  The Working Group of Elections must ensure that construction building materials are in accordance with the results identified by the Commitment Making Officer.

b.   Setiap jenis bahan bangunan konstruksi yang tergolong sebagai Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), seperti cat, thinner, gas acetylene, BBM (Bahan Bakar Minyak), BBG (Bahan Bakar Gas), bahan peledak, dll, harus diberi penjelasan bahayanya, cara pengangkutan, penyimpanan, penggunaan, pengendalian risiko dan cara pembuangan limbahnya sesuai dengan prosedur dan/atau peraturan perundangan yang berlaku;
b.  Each type of construction building material classified as Dangerous and Toxic Material, such as paint, thinner, acetylene gas, Fuel Oil, Gas Fuel, explosives, etc., must be given an explanation of the danger, how to transport , storage, use, risk control and method of disposal of waste in accordance with applicable procedures and / or regulations;

c.   Informasi tentang penanganan B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) dapat diperoleh dari Lembar Data Keselamatan Bahan (Material Safety Data Sheet) yang diterbitkan oleh pabrik pembuatnya, atau dari sumber- sumber yang berkompeten dan/ atau berwenang.
c.  Information about handling Hazardous and Toxic Materials can be obtained from the Material Safety Data Sheet issued by the manufacturer, or from competent sources and / or authorities.

11.   Spesifikasi Peralatan Konstruksi dan Peralatan Bangunan:
a.  Pokja (Kelompok Kerja) Pemilihan harus memastikan setiap jenis alat dan perkakas sesuai hasil yang telah diidentifikasi oleh PPK (Pejabat Pembuat Komitmen).
b.  Alat dan perkakas yang digunakan harus dipastikan telah diberi sistem perlindungan atau kelengkapan pengaman untuk mencegah paparan (expose) bahaya secara langsung terhadap tubuh pekerja;
c.  Informasi tentang jenis, cara penggunaan/pemeliharaan/pengamanannya alat dan perkakas dapat diperoleh dari manual produk dari pabrik pembuatnya, ataupun dari pedoman/peraturan pihak yang kompeten.
11.   Specifications of Construction Equipment and Building Equipment:
a. The Election Working Group must ensure that each type of tool and utensil matches the results identified by the Commitment Making Officer.
b. The tools and utensil used must be ensured that they have been provided with a protection system or safety equipment to prevent exposure of the hazard directly to the worker's body;
c. Information about the type, method of use / maintenance / security of tools and utensil can be obtained from the product manual from the manufacturer, or from the guidelines / regulations of competent parties.

12.   Spesifikasi Proses/Kegiatan:
12.   Process / Activity Specifications:

a.   Pokja (Kelompok Kerja) Pemilihan [yang bersertifikat Ahli/petugas K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Konstruksi atau dengan melibatkan Ahli K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)  / Petugas K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)  Konstruksi] harus menilai kesesuaian identifikasi bahaya dari setiap tahapan kegiatan yang sudah ditetapkan oleh PPK (Pejabat Pembuat Komitmen);
a.  The Election Working Group [which is certified Expert / officer of Occupational Safety and Health of Construction or by involving Experts of Occupational Safety and Health / Officer of Occupational Health and Safety of Construction] must assess the suitability of hazard identification from each specified stage of activity by The Commitment Making Official;

b.  Setiap proses/kegiatan harus dilengkapi dengan prosedur kerja, sistem perlindungan terhadap pekerja, perlengkapan pengaman, dan rambu - rambu peringatan dan kewajiban pekerja menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang sesuai dengan potensi bahaya pada proses tersebut;
b.  Every process / activity must be equipped with work procedures, protection systems for workers, safety equipment, and warning signs and obligations for workers to use Personal Protective Equipment (PPE) that is in accordance with the potential hazards in the process;

c.  Setiap jenis proses/kegiatan pekerjaan yang berisiko tinggi, atau pekerjaan yang berisiko tinggi pada keadaan yang berbeda, harus lebih dulu dilakukan analisis keselamatan pekerjaan (Job Safety Analysis) dan tindakan pengendaliannya;
c.  Each type of process / activity of high-risk work, or work that is at high risk in different circumstances, must first carry out a Job Safety Analysis and its control measures;

d.  Setiap proses/kegiatan yang berbahaya harus melalui prosedur izin kerja lebih dulu dari penanggung-jawab proses dan Ahli K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Konstruksi;
d.  Every dangerous process / activity must go through a work permit procedure in advance of the person in charge of the process and Expert in Occupational Health and Safety of Construction;

e.  Setiap proses dan kegiatan pekerjaan hanya boleh dilakukan oleh tenaga kerja dan/atau operator yang telah terlatih dan telah mempunyai kompetensi untuk melaksanakan jenis pekerjaan/tugasnya, termasuk kompetensi melaksanakan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja yang sesuai pada jenis pekerjaan/tugasnya tersebut.
e.  Every work process and activity may only be carried out by workers and / or operators who have been trained and have the competence to carry out the type of work / tasks, including the competence to carry out occupational safety and health procedures that are appropriate for the type of work / task.

13.   Spesifikasi Metode Konstruksi / Metode Pelaksanaan / Metode Kerja.
13.   Specifications of the Construction Method / Implementation Method / Working Method.

a.  Analisis Keselamatan Pekerjaan / Job Safety Analysis (JSA) harus dilakukan terhadap setiap metode konstruksi / metode pelaksanaan pekerjaan, dan persyaratan teknis untuk mencegah terjadinya kegagalan konstruksi dan kecelakaan kerja;
a.  Job Safety Analysis (JSA) must be carried out on each construction method / method of carrying out work, and technical requirements to prevent construction failures and work accidents;

b.  Metode kerja harus disusun secara logis, realistis dan dapat dilaksanakan dengan menggunakan peralatan, perkakas, material dan konstruksi sementara, yang sesuai dengan kondisi lokasi/tanah/cuaca, dan dapat dikerjakan oleh pekerja dan operator yang terlatih;
b. Work methods must be arranged logically, realistically and can be carried out using equipment, tools, materials and temporary construction, which are in accordance with site / land / weather conditions, and can be done by trained workers and operators;

c.  Persyaratan teknis yang harus dipenuhi penyedia dalam menyusun dan menggunakan metode kerja dapat meliputi penggunaan alat utama dan alat bantu, perkakas, material dan konstruksi sementara dengan urutan kerja yang sistematis, guna mempermudah pekerja dan operator bekerja dan dapat melindungi pekerja, alat dan material dari bahaya dan risiko kegagalan konstruksi dan kecelakaan kerja;
c.  The technical requirements that must be fulfilled by the provider in compiling and using work methods can include the use of primary tools and AIDS, tools, materials and temporary construction in a systematic sequence of work, to facilitate workers and operators to work and protect workers, tools and materials from harm and risk of construction failure and work accidents;

d.  Setiap metode kerja/konstruksi yang diusulkan penyedia, harus dianalisis keselamatan pekerjaan / Job Safety Analysis (JSA), diuji efektivitas pelaksanaannya dan efisiensi biayanya. Jika semua faktor kondisi lokasi/tanah/cuaca, alat, perkakas, material, urutan kerja dan kompetensi pekerja/operator telah ditinjau dan dianalisis, serta dipastikan dapat menjamin keselamatan, kesehatan dan keamanan konstruksi dan pekerja/operator, maka metode kerja dapat disetujui, setelah dilengkapi dengan gambar dan prosedur kerja yang sistematis dan/atau mudah dipahami oleh pekerja/operator;
d.  Every working / construction method proposed by the provider must be analyzed by job safety / Job Safety Analysis (JSA), tested for its effectiveness and cost efficiency. If all factors of location / land / weather conditions, tools, utensils, materials, work order and competency of workers / operators have been reviewed and analyzed, and are ensured to guarantee safety, health and security of construction and workers / operators, the work method can be approved after equipped with images and work procedures that are systematic and / or easily understood by workers / operators;

e.  Setiap tahapan pelaksanaan konstruksi utama yang mempunyai potensi bahaya tinggi harus dilengkapi dengan metode kerja yang didalamnya sudah mencakup analisis keselamatan pekerjaan / Job Safety Analysis (JSA). Misalnya untuk pekerjaan di ketinggian, mutlak harus digunakan perancah, lantai kerja (platform), papan tepi, tangga kerja, pagar pelindung tepi, serta Alat Pelindung Diri (APD) yang sesuai antara lain helm dan sabuk keselamatan agar pekerja terlindung dari bahaya jatuh. Untuk pekerjaan saluran galian tanah berpasir yang mudah longsor dengan kedalaman 1,5 meter atau lebih, mutlak harus menggunakan turap dan tangga akses bagi pekerja untuk naik/turun;
e.   Every stage of the main construction implementation which has high hazard potential must be equipped with work methods which include Job Safety Analysis (JSA). For example for work at height, absolute scaffolding, work floor (platform), edge board, work ladder, edge guard fence, and appropriate Personal Protective Equipment (PPE), such as helmets and safety belts so workers are protected from the danger of falling. For the dredging of sandy soil which is easily landslide with a depth of 1.5 meters or more, it is absolutely necessary to use a plaster and access ladder for workers to go up / down;

f.   Setiap metode kerja harus melalui analisis dan perhitungan yang diperlukan berdasarkan data teknis yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari standar yang berlaku, atau melalui penyelidikan teknis dan analisis laboratorium maupun pendapat ahli terkait yang independen.
f.   Each work method must go through the analysis and calculations required based on technical data that can be accounted for, both from the applicable standards, or through technical investigations and laboratory analysis as well as independent expert opinion.

14.   Spesifikasi Jabatan Kerja Konstruksi.
14.   Construction Work Position Specifications.

a.   Setiap kegiatan/pekerjaan perancangan, perencanaan, perhitungan dan gambar-gambar konstruksi, penetapan spesifikasi dan prosedur teknis serta metode pelaksanaan/ konstruksi/kerja harus dilakukan oleh tenaga ahli yang mempunyai kompetensi yang disyaratkan, baik pekerjaan arsitektur, struktur/sipil, mekanikal, elektrikal, plumbing dan penataan lingkungan maupun interior dan jenis pekerjaan lain yang terkait;
a.   Every activity/work of planning, design, calculation and drawings of construction, determination of specifications and technical procedures and methods of implementation / construction / work must be carried out by experts who have the required competencies, both works of  architectural, structural / civil, mechanical, electrical, plumbing and environmental and interior arrangement and other types of related work;

b.   Setiap tenaga ahli tersebut pada butir a. di atas harus mempunyai kemampuan untuk melakukan proses manajemen risiko (identifikasi bahaya, penilaian risiko dan pengendalian risiko) yang terkait dengan disiplin ilmu dan pengalaman profesionalnya, dan dapat memastikan bahwa semua potensi bahaya dan risiko yang terkait pada bentuk rancangan, spesifikasi teknis dan metode kerja/konstruksi tersebut telah diidentifikasi dan telah dikendalikan pada tingkat yang dapat diterima sesuai dengan standar teknik dan standar K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) yang berlaku;
b.  Every expert in item a. above must have the ability to carry out risk management processes (hazard identification, risk assessment and risk control) that are related to scientific disciplines and professional experience, and can ensure that all potential hazards and risks are related to the design form, technical specifications and the work/construction methods has been identified and has been controlled at an acceptable level in accordance with applicable technical standards and Occupational Safety and Health standards;

c.  Setiap kegiatan/pekerjaan pelaksanaan, pemasangan, pembongkaran, pemindahan, pengangkutan, pengangkatan, penyimpanan, perletakan, pengambilan, pembuangan, pembongkaran dsb., harus dilakukan oleh tenaga ahli dan tenaga terampil yang berkompeten berdasarkan gambar gambar, spesifikasi teknis, manual, pedoman dan standar serta rujukan yang benar dan sah atau telah disetujui oleh tenaga ahli yang terkait;
c.   Every activity / job of implementation, installation, demolition, transfer, transportation, appointment, storage, placement, retrieval, disposal, demolition, etc., must be carried out by experts and competent skilled workers based on drawings, technical specifications, manuals, guidelines and standards and correct and valid references or approved by relevant experts;

d.  Setiap tenaga ahli dan tenaga terampil di bidang K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Konstruksi di atas harus melakukan analisis keselamatan pekerjaan (job safety analysis) setiap sebelum memulai pekerjaannya, untuk memastikan bahwa potensi bahaya dan risiko telah diidentifikasi dan diberikan tindakan pencegahan terhadap kecelakaan kerja dan/atau penyakit di tempat kerja;
d.   Every expert and skilled worker in the field of Occupational Safety and Health of construction The above must carry out job safety analysis every time before starting his work, to ensure that potential of hazards and risks have been identified and given preventive measures against workplace accidents and / or disease in the workplace;

B.  Keterangan Gambar.
Gambar-gambar untuk pelaksanaan pekerjaan harus ditetapkan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) secara terinci, lengkap dan jelas, antara lain :
1. Peta Lokasi.
2. Lay out.
3. Potongan memanjang.
4. Potongan melintang.
5. Detail-detail konstruksi.
B. Picture Information.
Pictures for the execution of work must be determined by the Commitment Making Officer in detail, complete and clear, including:
1. Location Map.
2. Lay out.
3. Elongated pieces.
4. Cross section.
5. Construction details.


Sabtu, 13 Agustus 2033 Materi Kuliah Umum - e-teleconference, "Eksistensi Politbiro Pembinaan Organisasi LI JBAR MGB SM (Lembaga Internal Jurnal Bulanan Analisis Riset Mikron Gen Biologis Sepanjang Masa), Biro Pembinaan Organisasi Lembaga-Lembaga Internal YMR (Yayasan Mandailing Raya), Divisi Pembinaan Organisasi MPRT YMR (Majelis Pimpinan Rukun Tetangga Yayasan Mandailing Raya) di seluruh dunia yang dikonsentrasitaktiskan di Kabupaten Mandailing Natal" yang terdapat dalam JBAR MGB SM (Jurnal Bulanan Analisis Riset Mikron Gen Biologis Sepanjang Masa) Nomor : 0283/Juli/2033.
Saturday, August 13th, 2033 Public Lecture material - e-teleconference “Existence of The Politburo of Organization Development of  The Internal Institution of The Monthly Journal of Research Analysis of Biological Genetic Micron of All Time, The Bureau of Organization Development of Internal Institutions of The Great Mandailing Foundation, The Division of Organizational Development of The Neighborhood Leadership Assembly of The Great  Mandailing Foundation on worldwide who concerned and tacticed in Kabupaten Mandailing Natal” contained in The Monthly Journal of Research Analysis of Biological Genetic Micron of All Time Number : 0283/July/2033.

Personil Politbiro Pembinaan Organisasi LI JBAR MGB SM (Lembaga Internal Jurnal Bulanan Analisis Riset Mikron Gen Biologis Sepanjang Masa), Biro Pembinaan Organisasi Lembaga-Lembaga Internal YMR (Yayasan Mandailing Raya), Divisi Pembinaan Organisasi MPRT YMR (Majelis Pimpinan Rukun Tetangga Yayasan Mandailing Raya) untuk merekomendasikan kepada Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL); Jurusan Hukum Administrasi Negara, Jurusan Hukum Masyarakat dan Pembangunan, Jurusan Hukum Bisnis, Jurusan Hukum Ekonomi, Jurusan Hukum Perdagangan Internasional dan Jurusan Hukum Keuangan Negara, Fakultas Hukum; Jurusan Pendidikan Teknik dan Kejuruan (JPTK), Jurusan Pendidikan Ekonomi dan Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan (PTB), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; Manajemen dan Kebijakan Publik (Ilmu Administrasi Negara) dan Ilmu Administrasi Publik, Fakultas ISIPOL (Ilmu Sosial & Ilmu Politik); Mu’amalah (Hukum Bisnis Islam), Keuangan Islam dan HES (Hukum Ekonomi Syari’ah), Fakultas Syariah; Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA); Jurusan Ekonomi dan Studi Pembangunan dan Jurusan Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan, Fakultas Ekonomi dan Manajemen; Jurusan Perencananaan dan Kebijakan Publik dan Jurusan Bisnis Islam, FE (Fakultas Ekonomi); The Department of Urban Studies + Planning, School of Architecture  and Planning (SA+P); Civil and Environmental Engineering, School of  Engineering;  BA (Master of Administration) Program, Agussalim  Management; Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK); dan Jurusan Manajemen dan Jurusan Kewirausahaan, Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) UM (Universitas Mandailing) untuk memutakhirkan dengan memahami Surat Edaran Nomor 10/SE/M/2018 tentang Pemberlakuan Standar Dokumen Pemilihan Pengadaan Jasa Konstruksi Dalam Rangka Lelang Dini di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk Tahun Anggaran 2019 yaitu Lampiran III Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 10 / SE / M / 2018 tentang Pemberlakuan Standar Dokumen Pemilihan Pengadaan Jasa Konstruksi dalam Rangka Lelang Dini di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk Tahun Anggaran 2019 yaitu
Personnel of The Politburo of Organization Development of  The Internal Institution of The Monthly Journal of Research Analysis of Biological Genetic Micron of All Time, The Bureau of Organization Development of Internal Institutions of The Great Mandailing Foundation, The Division of Organizational Development of The Neighborhood Leadership Assembly of The Great  Mandailing Foundation to recomend to The Department of Civil Engineering, The Faculty of Civil and Environmental Engineering; The Department of State Administrative Law, The Department of Law of Public and Development, The Department of Business Law, The Department of Economic Law, The Department of International Trade Law and The Department of State Financial Law, The Faculty of Law; The Department of Engineering and Vocational Education, The Department of Economic Education and The Department of Building Engineering Education, The Faculty of Teacher Training and Education Science; Management and Public Policy (State Administration Science) and Public Administration Science, The Faculty of Social Sciences & Political Sciences; Mu'amalah (Islamic Business Law), Islamic Finance and Syari'ah Economic Law, The Faculty of Sharia; The Department of Civil and Environmental Engineering, The Faculty of Agricultural Technology; The Department of Economics and Development Studies and The Department of Resource and Environmental Economics, The Faculty of Economics and Management; The Department of Planning and Public Policy and The Department of Islamic Business, The Faculty of Economics; The Department of Urban Studies + Planning, School of Architecture and Planning (SA+P); Civil and Environmental Engineering, School of  Engineering; MBA (Master of Business Administration) Program, Agussalim  Management; The  Department of Regional and City Planning, The School of Architecture, Planning, and Policy Development; and The Department of Management and Department of Entrepreneurship, The School of Business and Management of MU (Mandailing University) to update by understanding The Circular Letter Number 10 / SE / M / 2018 concerning Enforcement of Standard of Selection Documents for the Procurement of Construction Services in the Context of Early Auction in the Ministry of Public Works and Public Housing for Budget Year 2019 namely is Annex III of The Circular Letter Number 10 / SE / M / 2018 concerning Enforcement of Standard of Selection Documents for the Procurement of Construction Services in the Context of Early Auction in the Ministry of Public Works and Public Housing for Budget Year 2019 namely


BAB XI. DAFTAR KELUARAN DAN HARGA
CHAPTER XI. LIST OF EXPENDITURE AND PRICES

Keterangan
Information

Pokja (Kelompok Kerja) Pemilihan menguraikan Spesifikasi Teknis dan Gambar yang diperlukan dalam pelaksanaan pekerjaan.
The Working Group of Elections describes the Technical Specifications and Drawings needed in the execution of the work.




Keterangan
Information

1.   Daftar Keluaran dan Harga harus sesuai dengan Instruksi Kepada Peserta (IKP), Syarat-Syarat Umum Kontrak (SSUK) dan Syarat-Syarat Khusus Kontrak (SSKK), Spesifikasi Teknis dan Gambar.
1.  The List of Output and Price must be in accordance with The Instruction to Participant, Contract General Conditions (CGC) and Contract Specific Terms, Technical Specifications and Drawings.

2.   Pembayaran terhadap prestasi pekerjaan dilakukan berdasarkan kuantitas pekerjaan terpasang yang dimintakan dan dikerjakan sebagaimana diukur dan diverifikasi oleh para pihak, serta dinilai sesuai dengan harga yang tercantum dalam Daftar Keluaran dan Harga, kecuali bagian pekerjaan Material on-Site (bagian pekerjaan di lapangan).
2.   Payments for work performance are based on the quantity of installed work requested and carried out as measured and verified by the parties, and assessed according to the prices listed in the List of Output and Price, except the work section of Material on-Site (work section in the field).

3.  Harga dalam Daftar Keluaran dan Harga telah mencakup semua biaya pekerjaan, personel, pengawasan, bahan-bahan, perawatan, asuransi tenaga kerja / BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial), laba, pajak, bea, keuntungan, overhead dan semua risiko, tanggung jawab, dan kewajiban yang diatur dalam Kontrak.
3.  Prices in the List of Output and Price cover all costs of work, personnel, supervision, materials, maintenance, labor insurance / Social Security Administrator, profits, taxes, duties, profits, overhead and all risks, responsibility, and obligations stipulated in the Contract.

4.   Harga harus dicantumkan untuk setiap mata pembayaran, terlepas dari apakah keluaran dicantumkan atau tidak. Jika Penyedia lalai untuk mencantumkan harga untuk suatu pekerjaan maka pekerjaan tersebut dianggap telah termasuk dalam harga mata pembayaran lain dalam Daftar Keluaran dan Harga.
4.   Prices must be stated for each payment item, regardless of whether the output is included or not. If the Provider neglects to list the price for a job, the work is considered to have been included in the price of another payment item in the List of Output and Price.

5.   Semua biaya yang dikenakan/dibebankan untuk memenuhi ketentuan Kontrak harus dianggap telah termasuk dalam setiap mata pembayaran, dan jika mata pembayaran terkait tidak ada maka biaya dimaksud harus dianggap telah termasuk dalam harga mata pembayaran yang terkait.
5.   All fees charged / be imposed to fulfill the provisions of the Contract must be considered to be included in each payment item, and if the related payment item does not exist, the said fee must be considered to be included in the price of the related payment items.
 


Sabtu, 20 Agustus 2033 Materi Kuliah Umum - e-teleconference, "Eksistensi 05 (lima) orang anggota Politbiro Pembinaan Organisasi LIP YMR (Lembaga Internal Pengajian Yayasan Mandailing Raya), Biro Pembinaan Organisasi Lembaga-Lembaga Internal YMR (Yayasan Mandailing Raya), Divisi Pembinaan Organisasi MPRT YMR (Majelis Pimpinan Rukun Tetangga Yayasan Mandailing Raya) di seluruh dunia yang dikonsentrasitaktiskan di Kabupaten Mandailing Natal" yang terdapat dalam JBAR MGB SM (Jurnal Bulanan Analisis Riset Mikron Gen Biologis Sepanjang Masa) Nomor : 0283/Juli/2033.
Saturday, August 20th, 2033 Public Lecture material - e-teleconference “Existence of 05 (five) of members of Politburo of Organization Development of  The Internal Institution of The Islamic Dakwah Activity, The Bureau of Organization Development of Internal Institutions of The Great Mandailing Foundation, The Division of Organizational Development of The Neighborhood Leadership Assembly of The Great  Mandailing Foundation on worldwide who concerned and tacticed in Kabupaten Mandailing Natal” contained in The Monthly Journal of Research Analysis of Biological Genetic Micron of All Time Number : 0283/July/2033.

05 (lima) orang anggota Politbiro Pembinaan Organisasi LIP YMR (Lembaga Internal Pengajian Yayasan Mandailing Raya), Biro Pembinaan Organisasi Lembaga-Lembaga Internal YMR (Yayasan Mandailing Raya), Divisi Pembinaan Organisasi MPRT YMR (Majelis Pimpinan Rukun Tetangga Yayasan Mandailing Raya) untuk merekomendasikan kepada Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL); Jurusan Hukum Administrasi Negara, Jurusan Hukum Masyarakat dan Pembangunan, Jurusan Hukum Bisnis, Jurusan Hukum Ekonomi, Jurusan Hukum Perdagangan Internasional dan Jurusan Hukum Keuangan Negara, Fakultas Hukum; Jurusan Pendidikan Teknik dan Kejuruan (JPTK), Jurusan Pendidikan Ekonomi dan Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan (PTB), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; Manajemen dan Kebijakan Publik (Ilmu Administrasi Negara) dan Ilmu Administrasi Publik, Fakultas ISIPOL (Ilmu Sosial & Ilmu Politik); Mu’amalah (Hukum Bisnis Islam), Keuangan Islam dan HES (Hukum Ekonomi Syari’ah), Fakultas Syariah; Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA); Jurusan Ekonomi dan Studi Pembangunan dan Jurusan Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan, Fakultas Ekonomi dan Manajemen; Jurusan Perencananaan dan Kebijakan Publik dan Jurusan Bisnis Islam, FE (Fakultas Ekonomi); The Department of Urban Studies + Planning, School of Architecture  and Planning (SA+P); Civil and Environmental Engineering, School of  Engineering;  BA (Master of Administration) Program, Agussalim  Management; Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK); dan Jurusan Manajemen dan Jurusan Kewirausahaan, Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) UM (Universitas Mandailing) untuk memutakhirkan dengan memahami Surat Edaran Nomor 10/SE/M/2018 tentang Pemberlakuan Standar Dokumen Pemilihan Pengadaan Jasa Konstruksi Dalam Rangka Lelang Dini di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk Tahun Anggaran 2019 yaitu Lampiran III Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 10 / SE / M / 2018 tentang Pemberlakuan Standar Dokumen Pemilihan Pengadaan Jasa Konstruksi dalam Rangka Lelang Dini di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk Tahun Anggaran 2019 yaitu
05 (five) of members of The Politburo of Organization Development of  The Internal Institution of The Islamic Dakwah Activity, The Bureau of Organization Development of Internal Institutions of The Great Mandailing Foundation, The Division of Organizational Development of The Neighborhood Leadership Assembly of The Great  Mandailing Foundation to recomend to The Department of Civil Engineering, The Faculty of Civil and Environmental Engineering; The Department of State Administrative Law, The Department of Law of Public and Development, The Department of Business Law, The Department of Economic Law, The Department of International Trade Law and The Department of State Financial Law, The Faculty of Law; The Department of Engineering and Vocational Education, The Department of Economic Education and The Department of Building Engineering Education, The Faculty of Teacher Training and Education Science; Management and Public Policy (State Administration Science) and Public Administration Science, The Faculty of Social Sciences & Political Sciences; Mu'amalah (Islamic Business Law), Islamic Finance and Syari'ah Economic Law, The Faculty of Sharia; The Department of Civil and Environmental Engineering, The Faculty of Agricultural Technology; The Department of Economics and Development Studies and The Department of Resource and Environmental Economics, The Faculty of Economics and Management; The Department of Planning and Public Policy and The Department of Islamic Business, The Faculty of Economics; The Department of Urban Studies + Planning, School of Architecture and Planning (SA+P); Civil and Environmental Engineering, School of  Engineering; MBA (Master of Business Administration) Program, Agussalim  Management; The  Department of Regional and City Planning, The School of Architecture, Planning, and Policy Development; and The Department of Management and Department of Entrepreneurship, The School of Business and Management of MU (Mandailing University) to update by understanding The Circular Letter Number 10 / SE / M / 2018 concerning Enforcement of Standard of Selection Documents for the Procurement of Construction Services in the Context of Early Auction in the Ministry of Public Works and Public Housing for Budget Year 2019 namely is Annex III of The Circular Letter Number 10 / SE / M / 2018 concerning Enforcement of Standard of Selection Documents for the Procurement of Construction Services in the Context of Early Auction in the Ministry of Public Works and Public Housing for Budget Year 2019 namely

BAB XI. DAFTAR KELUARAN DAN HARGA
CHAPTER XI. LIST OF EXPENDITURE AND PRICES

Daftar 1: Mata Pembayaran Umum
List 1: General Payment Currency

CONTOH
EXAMPLE

No.
Uraian
Keluaran/Output
Description of Output
Persentase / Satuan Ukuran Keluaran/Output
Percentage / Unit of Output Size
Satuan Harga
Keluaran/Output
Output Price Unit
Total Harga
Total Price































Total Daftar 1 (pindahkan nilai total ke Daftar Rekapitulasi)
Total List 1 (move total value to Recapitulation List)


Keterangan:
1.  Mata Pembayaran Umum memuat rincian komponen pekerjaan yang bersifat umum.
2.  Total harga adalah semua jenis harga yang tercantum dalam Daftar Kuantitas/Keluaran dan Harga merupakan harga sebelum PPN (Pajak Pertambahan Nilai).
Information:
1.   General Payment Currency contains details of the general work component.
2.   Total prices are all types of prices listed in the List of Quantity / Output and Price is the price before VAT (Value Added Tax).


Sabtu, 27 Agustus 2033 Materi Kuliah Umum - e-teleconference, "Eksistensi Sekretaris Politbiro Pembinaan Organisasi LIP YMR (Lembaga Internal Pengajian Yayasan Mandailing Raya), Biro Pembinaan Organisasi Lembaga-Lembaga Internal YMR (Yayasan Mandailing Raya), Divisi Pembinaan Organisasi MPRT YMR (Majelis Pimpinan Rukun Tetangga Yayasan Mandailing Raya) di seluruh dunia yang dikonsentrasitaktiskan di Kabupaten Mandailing Natal" yang terdapat dalam JBAR MGB SM (Jurnal Bulanan Analisis Riset Mikron Gen Biologis Sepanjang Masa) Nomor : 0283/Juli/2033.
Saturday, August 27th, 2033 Public Lecture material - e-teleconference “Existence of The Secretary of Politburo of Organization Development of  The Internal Institution of The Islamic Dakwah Activity, The Bureau of Organization Development of Internal Institutions of The Great Mandailing Foundation, The Division of Organizational Development of The Neighborhood Leadership Assembly of The Great  Mandailing Foundation on worldwide who concerned and tacticed in Kabupaten Mandailing Natal” contained in The Monthly Journal of Research Analysis of Biological Genetic Micron of All Time Number : 0283/July/2033.

Sekretaris Politbiro Pembinaan Organisasi LIP YMR (Lembaga Internal Pengajian Yayasan Mandailing Raya), Biro Pembinaan Organisasi Lembaga-Lembaga Internal YMR (Yayasan Mandailing Raya), Divisi Pembinaan Organisasi MPRT YMR (Majelis Pimpinan Rukun Tetangga Yayasan Mandailing Raya) untuk merekomendasikan kepada Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL); Jurusan Hukum Administrasi Negara, Jurusan Hukum Masyarakat dan Pembangunan, Jurusan Hukum Bisnis, Jurusan Hukum Ekonomi, Jurusan Hukum Perdagangan Internasional dan Jurusan Hukum Keuangan Negara, Fakultas Hukum; Jurusan Pendidikan Teknik dan Kejuruan (JPTK), Jurusan Pendidikan Ekonomi dan Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan (PTB), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; Manajemen dan Kebijakan Publik (Ilmu Administrasi Negara) dan Ilmu Administrasi Publik, Fakultas ISIPOL (Ilmu Sosial & Ilmu Politik); Mu’amalah (Hukum Bisnis Islam), Keuangan Islam dan HES (Hukum Ekonomi Syari’ah), Fakultas Syariah; Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA); Jurusan Ekonomi dan Studi Pembangunan dan Jurusan Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan, Fakultas Ekonomi dan Manajemen; Jurusan Perencananaan dan Kebijakan Publik dan Jurusan Bisnis Islam, FE (Fakultas Ekonomi); The Department of Urban Studies + Planning, School of Architecture  and Planning (SA+P); Civil and Environmental Engineering, School of  Engineering;  BA (Master of Administration) Program, Agussalim  Management; Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK); dan Jurusan Manajemen dan Jurusan Kewirausahaan, Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) UM (Universitas Mandailing) untuk memutakhirkan dengan memahami Surat Edaran Nomor 10/SE/M/2018 tentang Pemberlakuan Standar Dokumen Pemilihan Pengadaan Jasa Konstruksi Dalam Rangka Lelang Dini di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk Tahun Anggaran 2019 yaitu Lampiran III Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 10 / SE / M / 2018 tentang Pemberlakuan Standar Dokumen Pemilihan Pengadaan Jasa Konstruksi dalam Rangka Lelang Dini di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk Tahun Anggaran 2019 yaitu
The Secretary of The Politburo of Organization Development of The Internal Institution of The Islamic Dakwah Activity, The Bureau of Organization Development of Internal Institutions of The Great Mandailing Foundation, The Division of Organizational Development of The Neighborhood Leadership Assembly of The Great  Mandailing Foundation to recomend to The Department of Civil Engineering, The Faculty of Civil and Environmental Engineering; The Department of State Administrative Law, The Department of Law of Public and Development, The Department of Business Law, The Department of Economic Law, The Department of International Trade Law and The Department of State Financial Law, The Faculty of Law; The Department of Engineering and Vocational Education, The Department of Economic Education and The Department of Building Engineering Education, The Faculty of Teacher Training and Education Science; Management and Public Policy (State Administration Science) and Public Administration Science, The Faculty of Social Sciences & Political Sciences; Mu'amalah (Islamic Business Law), Islamic Finance and Syari'ah Economic Law, The Faculty of Sharia; The Department of Civil and Environmental Engineering, The Faculty of Agricultural Technology; The Department of Economics and Development Studies and The Department of Resource and Environmental Economics, The Faculty of Economics and Management; The Department of Planning and Public Policy and The Department of Islamic Business, The Faculty of Economics; The Department of Urban Studies + Planning, School of Architecture and Planning (SA+P); Civil and Environmental Engineering, School of  Engineering; MBA (Master of Business Administration) Program, Agussalim  Management; The  Department of Regional and City Planning, The School of Architecture, Planning, and Policy Development; and The Department of Management and Department of Entrepreneurship, The School of Business and Management of MU (Mandailing University) to update by understanding The Circular Letter Number 10 / SE / M / 2018 concerning Enforcement of Standard of Selection Documents for the Procurement of Construction Services in the Context of Early Auction in the Ministry of Public Works and Public Housing for Budget Year 2019 namely is Annex III of The Circular Letter Number 10 / SE / M / 2018 concerning Enforcement of Standard of Selection Documents for the Procurement of Construction Services in the Context of Early Auction in the Ministry of Public Works and Public Housing for Budget Year 2019 namely

BAB XI. DAFTAR KELUARAN DAN HARGA
CHAPTER XI. LIST OF EXPENDITURE AND PRICES

Daftar 2: Mata Pembayaran Penyelenggaraan Keamanan dan Kesehatan Kerja serta Keselamatan Konstruksi
List 2: Currency Payment for Occupational Safety and Health and Construction Safety

CONTOH
EXAMPLE

No.
Uraian
Keluaran/Output
Description of Output
Persentase / Satuan Ukuran Keluaran / Output
Percentage / Unit of Output Size
Satuan Harga
Keluaran/Output
Output Price Unit
Total Harga
Total Price






























Total Daftar 2 (pindahkan nilai total ke Daftar Rekapitulasi)
Total List 2 (move total value to Recapitulation List)




Penjadwalan KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) Tahun 2439 (dua ribu empat ratus tiga puluh sembilan) Masehi.
Scheduling The Public Lecture of Afternoon Saturday of All Time with Electronic Teleconference in 2439 (two thousand and four hundreds and thirty nine) AD.

01 Januari 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
08 Januari 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
15 Januari 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
22 Januari 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
29 Januari 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi

05 Februari 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
12 Februari 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
19 Februari 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
26 Februari 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi

05 Maret 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
12 Maret 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
19 Maret 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
26 Maret 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi

02 April 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
09 April 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
16 April 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
23 April 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
30 April 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi

07 Mei 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
14 Mei 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
21 Mei 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
28 Mei 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi

04 Juni 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
11 Juni 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
18 Juni 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
25 Juni 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi

02 Juli 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
09 Juli 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
16 Juli 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
23 Juli 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
30 Juli 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi

06 Agustus 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
13 Agustus 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
20 Agustus 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
27 Agustus 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi

03 September 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
10 September 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
17 September 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
24 September 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi

01 Oktober 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
08 Oktober 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
15 Oktober 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
22 Oktober 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
29 Oktober 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi

05 Nopember 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
12 Nopember 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
19 Nopember 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
26 Nopember 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi

03 Desember 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
10 Desember 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
17 Desember 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
24 Desember 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi
31 Desember 2439 Masehi, Materi KUM S3 MET (Kuliah Umum Sabtu Sore Sepanjang Masa Electronic Teleconference) “Eksistensi

Sumber-sumber (sources) :

01.  Surat Edaran Nomor 10/SE/M/2018 tentang Pemberlakuan Standar Dokumen Pemilihan Pengadaan Jasa Konstruksi Dalam Rangka Lelang Dini di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk Tahun Anggaran 2019, Lampiran III.
01.  Circular Letter Number 10 / SE / M / 2018 concerning Enforcement of the Selection Document Standard for Procurement of Construction Services in the Context of Early Auction in the Ministry of Public Works and Public Housing for  Budget Year2019, Annex III.


02.  Google Translate.


Banggua, Desa Roburan Lombang, 01 Juli 2033
Banggua, Desa Roburan Lombang, July 01st, 2033

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEKNIK PERTAMBANGAN UM (UNIVERSITAS MANDAILING), KUM S3 MET 05 DECEMBER 2443 M (KULIAH UMUM SABTU SORE SEPANJANG MASA ELECTRONIC TELECONFERENCE 05 DESEMBER 2443 MASEHI)

https://www.youtube.com/@agussalimnasutionmandailing2/videos EVOLUSI PENDIDIKAN MANDAILING 419 (EMPAT RATUS SEMBILAN BELAS) TAHUN DI TAHUN 2...