Sabtu, 13 Januari 2018

KUM S3 MET, 13 JANUARI 2018

ROBURAN LOMBANG, PANYABUNGAN SELATAN, MANDAILING NATAL, SUMATERA UTARA - INDONESIA 



MENUJU BERDIRINYA UM (UNIVERSITAS MANDAILING)
TOWARDS THE ESTABLISHMENT OF MU (MANDAILING UNIVERSITY)

KUM S3 MET (KULIAH UMUM SABTU SORE SEPANJANG MASA ELECTRONIC TELECONFERENCE)
MPP(G) YMR, MAJELIS PIMPINAN PUSAT (GLOBAL) YAYASAN MANDAILING RAYA
LO BAFOR UM & MTs SHJ 
(LEMBAGA OTONOM BADAN FORMATUR UNIVERSITAS MANDAILING 
& MADRASAH TSANAWIYAH SRI HARAPAN JAYA) 
SABTU, 13 JANUARI 2018
 KPG (KANTOR PUSAT GLOBAL) MPP(G) YMR
MAJELIS PIMPINAN PUSAT (GLOBAL) YAYASAN MANDAILING RAYA
THE AFTERNOON SATURDAY PUBLIC LECTURE OF ALL TIME WITH ELECTRONIC TELECONFERENCE
OF THE CENTRAL (GLOBAL) LEADERSHIP ASSEMBLY 
OF THE GREAT MANDAILING FOUNDATION
THE AUTONOMOUS INSTITUTION OF THE FORMATTOR BODY OF 
MU (MANDAILING UNIVERSITY) & ISLAMIC JUNIOR HIGH SCHOOL OF SHJ (SRI HARAPAN JAYA)
SATURDAY, JANUARY 13th, 2018
AT THE GLOBAL CENTRAL  OFFICE OF 
THE CENTRAL (GLOBAL) LEADERSHIP ASSEMBLY 
OF THE GREAT MANDAILING FOUNDATION
BANGGUA, DESA ROBURAN LOMBANG, PANYABUNGAN SELATAN, MANDAILING NATAL,
SUMATERA UTARA - INDONESIA





























DOSEN :
LECTURER :

ASMAR NASUTION,
KETHAR (KETUA HARIAN) MPP(G) YMR, MAJELIS PIMPINAN PUSAT (GLOBAL) YAYASAN MANDAILING RAYA
THE DAILY CHAIRMAN OF THE CENTRAL (GLOBAL) LEADERSHIP ASSEMBLY OF THE GREAT MANDAILING FOUNDATION

MATA KULIAH UMUM :
GENERAL COURSE:

PERSPEKTIF OLAHRAGA DALAM PANDANGAN HUKUM ISLAM
SPORTS PERSPECTIVE IN ISLAMIC LEGAL VIEWS

MUATAN – MUATAN :
CONTENTS :

A.      MENYAHUTI TUGAS HIDUP MANUSIA.
A.   FOLLOW THE HUMAN LIFE TASK.

Manusia adalah makhluk Allah SWT, di dalam hidupnya di dalam dunia ini mengemban suatu fungsi yang amat mulia tetapi berat, yaitu menjadi khalifah dan ‘Abdun. Dikatakan mulia, karena ia merupakan janji manusia itu sendiri kepada Allah SWT. Dikatakan berat, karena ia mencakup seluruh aspek kehidupan manusia yang amat luas itu, sedang ia lemah dan banyak musuh. Karena itu, tugas ini hanyalah akan dapat dilaksanakan oleh manusia – manusia yang telah memenuhi persyaratan tertentu yang diminta oleh tugas tersebut.
Man is a creature of Allah SWT, in his life in this world carrying a very noble function but heavy, that is to become khalifah and 'Abdun. It is said noble, because it is a promise of man himself to Allah SWT. It is said to be heavy, because it covers all aspects of the vast human life, while he is weak and many enemies. Therefore, this task will only be carried out by human beings who have met certain requirements demanded by the task.

Oleh sebab itu Islam menginginkan manusia – manusia tertentu yang mampu melaksanakan suatu fungsi tersebut dengan sebaik – baiknya dan mencapai tujuannya. Ada pun anak yang diinginkan Islam meliputi,
1.      Berbadan kuat dan sehat.
2.      Terampil.
3.      Berilmu yang banyak.
4.      Bercita – cita yang tinggi.
5.      Berakhlak mulia.
6.      Taat kepada peraturan Allah SWT.
Therefore Islam wants certain human beings who are capable of performing such a function well and achieving its goals. There is also a child that Islam desires,
1. Strong and healthy.
2. Skilled.
3. Knowing a lot.
4. Expect high goals.
5. Be noble.
6. Obey the rules of Allah SWT.

Badan sehat dan kuat merupakan syarat mutlak bagi pelaksanaan dan penyelesaian suatu tugas. Apalagi kalau tugas tersebut cukup berat. Mustahil suatu tugas dapat dilaksanakan apabila diselesaikan dengan orang yang memiliki badan lemah dan sakit. Bahkan orang yang lemah dan sakit itulah yang sangat berpotensi gagal dalam memaksimalkan tugasnya tersebut.
Healthy and strong bodies are a necessary condition for the implementation and completion of a task. Especially if the task is quite heavy. It is impossible for a task to be carried out when it is solved with a person who has a weak and sick body. Even those who are weak and sick are the ones who have the potential to fail in maximizing their duties.

Dalam hal ini, Nabi SAW memberikan motivasi yang sangat tinggi kepada umat manusia untuk berusaha menjadi mukmin yang kuat. Hal ini dapat dijelaskan dalam haditsnya,
In this case, the Prophet SAW gave a very high motivation to mankind to try to be a strong believer. This can be explained in the hadith,

﴿ رواه ﻤﺴﻟﻢ )   اﻟﻤﺅﻤﻥاﻟﻘويﺧﯦرواﺣﺏ اﻟﻰ ﷲ ﻤﻥاﻟﻤﺅﻤﻥاﻟﺿﻌﯦﻒ

Artinya : orang mukmin yang kuat adalah lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah dari orang mukmin yang lemah (H. R. Muslim).
Meaning: strong believers are better and more beloved by God from weak believers (Hadith narrated by Muslim).

Kemudian Allah SWT memerintahkan orang yang beriman menyiapkan segala macam kekuatan, termasuk kekuatan badan untuk menghadapi musuhnya. Hal ini bisa dilihat dalam Al-Qur’an, Surah Al-Anfal, Ayat 60.
Then Allah Almighty commands the believer to prepare all kinds of strength, including the strength of the body to face his enemy. This can be seen in the Qur'an, Surah Al-Anfal, Verse 60.

Selanjutnya, agar badan kuat dan sehat tidaklah mungkin akan dicapai tanpa adanya usaha. Dan salah satu usaha yang dilakukan manusia adalah dengan berolahraga.
Furthermore, for a strong and healthy body is not possible to be achieved without any effort. And one of the efforts that people do is to exercise.

B.       Islam memperhatikan Olahraga.
B.    Islam concerns Sports.

Olahraga merupakan perhatian Islam yang sangat serius, bahkan orang tua si anak harus mengajari, mengarahkan, dan memperhatikan olahraga anak – anaknya, Nabi SAW bersabda,
Sports is a very serious concern of Islam, even the parents of the child must teach, direct, and pay attention to the sport of his children, the Prophet SAW said,

ﺣﻕاﻟﻭﻟﺩﻋﻠﻰﻮاﻟﺩﻩاﻦﻴﺣﺳﻥاﺴﻣﻪﻮاﺪﺒﻪﻮاﻦﻴﻌﻟﻣﻪاﻟﻛﺗﺎﺑﺔﻮاﻟﺴﺑﺎﺣﺔﻮاﻟﺭﻤﺎﻴﺔﻮاﻦﻻﻴﺭﺯﻘﻪاﻻﻄﻳﺑﺎﻮاﻦﻴﺰﻮﺟﻪاﺬااﺪ ﺮاﻚ﴿ﺮﻮاﻩاﻟﺣﺎﻜﻡ﴾

Kalau dilihat dari redaksi hadits tersebut dengan adanya kata  اﻟﺴﺑﺎﺣﺔ  (berenang) dan اﻟﺭﻤﺎﻴﺔ (memanah), maka jelas ini menunjukkan Islam mendorong untuk berolahraga. Bahkan lebih jauh lagi merupakan 1 (satu) kewajiban bagi orang tua untuk mengajari anak – anaknya berolahraga. Di dalam konsep Islam juga sangat populer kita dengar  ﴿اﻟﻌﻗﻝاﻟﺳﻟﻳﻡﻔﻰﺠﺳﻡاﻟﺳﻟﻳﻡ﴾ akal yang sehat itu terdapat pada tubuh yang sehat juga.
When viewed from the editorial of hadith with the word السباحة (swimming) and الرماية (archery), then clearly this shows Islam encourages to exercise. Even further is 1 (one) obligation for parents to teach their children to exercise. In the concept of Islam is also very popular we hear﴿اﻟﻌﻗﻝاﻟﺳﻟﻳﻡﻔﻰﺠﺳﻡاﻟﺳﻟﻳﻡ﴾  that the healthy sense is contained in a healthy body as well.

Olahraga bertujuan untuk menjadikan manusia sehat dan kuat, karena dalam Islam sehat dipandang sebagai nikmat kedua terbaik setelah Iman. Selain itu, banyak ibadah dalam islam membutuhkan tubuh yang kuat seperti shalat, puasa, haji, dan juga jihad.
Sport aims to make people healthy and strong, because in Islam a healthy is seen as the second best bless after faith. In addition, many worship in Islam requires a strong body such as prayer, fasting, pilgrimage, and also jihad.

Kemudian, berolahraga dalam Islam membuat sesuatu ketentuan yang harus dipatuhi seperti menjaga aurat dan menjunjung tinggi sportivitas, kejujuran dan jangan sampai menyakiti 1 (satu) sama lainnya. Hal ini sesuai dengan hadits Rasul SAW, “Barang siapa lewat dengan membawa panah di Masjid atau di pasar maka hendaklah dipegang ujung panahnya dengan tangannya tidak melukai seorang Muslim (H. R. Bukhari)”.
Then, exercising in Islam makes the provisions that must be followed such as maintaining aurat and uphold sportsmanship, honesty and not to hurt 1 (one) the other. This is in accordance with the hadith of Rasul SAW, "Whoever passes by bringing arrows in the mosque or in the market then should be held by the end of his arrow with his hands do not hurt a Muslim (Hadith narrated by Bukhari)".

C.       Beberapa olahraga yang dianjurkan Rasul.
C.   Some of the exercises that the Apostle’s recommended.

Rasululllah SAW menganjurkan beberapa olahraga bagi kaum muslimin di zaman beliau. Dalam hal ini, olahraga tidak hanya agar badan kuat akan tetapi agar hati juga memperoleh kebugaran dan kegembiraan. Karena, Islam tidak hanya masalah ibadah tetapi juga masalah kemanusiaan yang membutuhkan refreshing.
Rasulullah SAW advocated some sports for the Muslims in his day. In this case, exercise is not only for a strong body but also for the heart to also gain fitness and joy. Because, Islam is not only a matter of worship but also a humanitarian issue that requires refreshing.

Ali bin Abi Thalib k.w. berkata, “sesungguhnya hati itu bisa bosan seperti badan. Oleh karena itu, carilah segi – segi kebijaksanaan demi kepentingan hati, istirahatlah hatimu sekedarnya, sebab hati itu apabila tidak suka bisa buta’.
Ali bin Abi Thalib k.w. said, "the heart really can get bored like a body. Therefore, look for the aspects of wisdom for the sake of the heart, rest your heart in just, because if the heart does not like to be blind '.

D.      Fungsi utama olahraga dalam Islam.
D.   The main function of sport in Islam.

D.1. Membuat fisik seorang muslim menjadi kuat.
D.1. Make a Muslim physically strong.

Olahraga membuat fisik seseorang menjadi kuat sehingga bisa melakukan pengabdian kepada Allah SWT dan bersosialisasi sesama manusia. Perlu kita renungkan kisah seorang Uaisul Qarni dalam memenuhi permintaan ibunya untuk bisa melaksanakan haji padahal kondisi kehidupan ekonomi mereka sangat lemah, dapat dikatakan hampir sangat tidak mungkin dengan mudah berangkat menunaikan haji dengan menggunakan kenderaan. Akan tetapi, Uaisul Qarni tidak melewatkan baktinya kepada orangtuanya (ibunya) sehingga dia ambil 1 (satu) cara dengan latihan fisik setiap hari. Dalam kisahnya, dia membeli seekor anak lembu. Setiap hari, dia menggendong anak lembu tersebut untuk dibawa ke tempat penggembalaannya. Hal ini terus berlangsung di setiap pagi dan sore harinya selama 8 (delapan) bulan. Setelah 8 (delapan) bulan, maka anak lembu tersebut sudah menjadi lembu yang besar dengan berat badan signifikan bertambah. Pada saat ini lah, dia merasa siap fisiknya untuk membawa ibunya dengan cara menggendong ibunya tersebut dari kampung halamannya (Yaman) menuju Kota Makkah dan kembali pulang ke kampung halamannya.
Sports make a person physically strong so that can do devotion to Allah SWT and socialize fellow human beings. We need to reflect on the story of a Uaisul Qarni in fulfilling his mother's request to be able to perform Hajj when their economic life condition is very weak, it can be said that it is almost impossible to easily leave pilgrimage by using the vehicle. However, Uaisul Qarni did not miss his devotion to his parents (his mother) so he took 1 (one) way with physical exercise every day. In his story, he bought a calf. Every day, he carried the calf to be taken to his shepherding. This continues every morning and evening for 8 (eight) months. After 8 (eight) months, then the calf has become a large oxen with significant weight increases. It was at this moment that he felt physically ready to take his mother by carrying his mother from his hometown (Yemen) to Makkah Town and returning home to his hometown.

D.2. Olahraga merupakan media persiapan berjihad di jalan Allah SWT.
D.2. Sports is a medium of preparation for jihad in the way of Allah SWT.

Olahraga merupakan media persiapan yang menguatkan pasukan muslim untuk berjihad di jalan Allah SWT. Perang bukan hanya adu strategi, tetapi juga butuh kelihaian menggunakan senjata, kelincahan berkuda dan penguasaan panah. Ini semua hanya bisa ditempa melalui latihan yang kontinyu dan sarananya adalah berolahraga. Dan paradigma terhadap urgensi olahraga ini juga ditekankan oleh para generasi berikutnya. Khalifah Umar bin Khattab menginstruksikan agar mengajari anak – anak olahraga panahan dan renang serta berkuda.
Exercise is a medium of preparation that strengthens the Muslim army for jihad in the way of Allah SWT. War is not just a strategy game, but it also takes shrewdness using weapons, riding agility and mastery of arrows. These can only be forged through continuous training and the ingredients are exercising. And the paradigm for the urgency of this sport is also emphasized by the next generation. Caliph Umar bin Khattab instructed to teach the children of archery and swimming and riding.

D.3. Olahraga menjaga kesehatan tubuh.
D.3. Exercise keeps your body healthy.

Fisik yang sehat adalah menjaga anugerah tidak terkirakan dari Sang Khalik. Karena itu, harus dijaga sebagai bentuk syukur kita kepada-Nya. Terdapat banyak cara menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat. Salah satunya, olahraga yang merupakan cara yang sangat jitu. Dengan berolahraga, aliran darah lancar dan metabolisme tubuh menjadi seimbang.
A healthy physique is to keep the unfathomable grace of the Creator. Therefore, it must be preserved as a form of our gratitude to Him. There are many ways to keep your body fit and healthy. One of them, the sport is a very telling way. With exercise, smooth blood flow and body metabolism to be balanced.

Abu Hamid al – Ghazali (w. 1111 M / 555 H) pernah berkata, “setelah belajar anak harus diizinkan berolahraga dan memaksakan terus belajar hanya akan mematikan hati dan mengikis kecerdasan”.
Abu Hamid al - Ghazali (p.a. 1111 AD / 555 H) once said, "after learning the child should be allowed to exercise and forcing to continue learning will only kill the heart and erode the intelligence".

E.       Pandangan Ibnu al-Qayyim terhadap Olahraga.
E.    Ibn al-Qayyim's view on Sport.

Ibnu al-Qoyyim memberikan perhatian besar terhadap pentingnya berolahraga. Beliau membagi 3 (tiga) macam pengelompokan, yang pertama pada bagian anggota tubuh manusia,
Anggota tubuh dada dengan jenis olahraga membaca.
Anggota tubuh telinga dengan jenis olahraga mendengar.
Anggota tubuh lidah dengan jenis olahraga ucapan.
Anggota tubuh mata dengan jenis olahraga memandang.
Ibn al-Qoyyim paid great attention to the importance of exercise. He divides 3 (three) kinds of groupings, the first on the parts of the human body,
The limbs of the chest with the type of sports reading.
The limbs of the ear with the type of sports heard.
The limb of the tongue with the type of sports greeting.
The limb of the eye with the type of sport looked at.

Yang kedua, olahraga badan secara keseluruhan, contohnya menunggang kuda, memanah, berenang, dan sebagainya, itu semua adalah olahraga badan yang dapat menyembuhkan penyakit – penyakit menahun.
Secondly, the sport of the body as a whole, for example, horseback riding, archery, swimming, and so forth, are all body exercises that can cure chronic diseases.

Yang ketiga adalah olahraga jiwa.
The third is the sport of the soul.


CURRICULUM VITAE DOSEN :
CURRICULUM VITAE OF LECTURER :

ASMAR NASUTION adalah alumni Pesantren Musthafawiyah Purba Baru Tahun 2000 dan Peserta Workshop ‘Peningkatan Profesionalisme Pelaku Olahraga KONI Kabupaten Mandailing Natal’.
ASMAR NASUTION is an alumnus of the Musthafawiyah Pesantren of Purba Baru in Year 2000 and Workshop Participants 'Enhancement of Professionalism of Sport Perpetrator of KONI of Kabupaten Mandailing Natal'.

Sumber :
Source:

1.    Nasution, Zulkifli, Al-Hafizh, S.Pd.I., M.A., (2016), “Perspektif Olahraga dalam Pandangan Hukum Islam”, Materi Workshop ‘Peningkatan Profesionalisme Pelaku Olahraga KONI Kabupaten Mandailing Natal’, Jum’at s.d. Minggu, 09 s.d. 11 Desember 2016, Hotel Madina Sejahtera, Panyabungan, Sumatera Utara – Indonesia.
1. Nasution, Zulkifli, Al-Hafizh, S.Pd.I., M.A., (2016), "Sports Perspective in Islamic Law View", Workshop Material 'Enhancement of Professionalism of Sport Perpetrator of KONI of Kabupaten Mandailing Natal', Friday to Sunday, December 09th, to December 11th, 2016, Hotel Madina Sejahtera, Panyabungan, North Sumatra - Indonesia.

2.    Google Translate.


Diketik dan diterjemahkan kembali oleh Agussalim, ST bin Abdur Rahim Nasution
Typed and translated again by Agussalim, ST bin Abdur Rahim Nasution

MAHASISWA :
COLLEGE STUDENTS :

1.    AGUSSALIM, ST BIN ABDUR RAHIM NASUTION, KETUM (KETUA UMUM) MPP(G) YMR, MEJELIS PIMPINAN PUSAT (GLOBAL) YAYASAN MANDAILING RAYA, THE GENERAL CHAIRMAN OF THE CENTRAL (GLOBAL) LEADERSHIP ASSEMBLY OF THE GREAT MANDAILING FOUNDATION.

2.    ABDUL KARIM LUBIS, KEPALA LO SP4 (LEMBAGA OTONOM STUDI PERTANIAN, PERKEBUNAN, PERIKANAN, DAN PETERNAKAN), THE HEAD OF THE AUTONOMOUS INSTITUTION OF THE STUDY FOR AGRICULTURAL, PLANTATION, FISHERY, AND LIVESTOCK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEKNIK PERTAMBANGAN UM (UNIVERSITAS MANDAILING), KUM S3 MET 05 SEPTEMBER 2443 M (KULIAH UMUM SABTU SORE SEPANJANG MASA ELECTRONIC TELECONFERENCE 05 SEPTEMBER 2443 MASEHI)

https://www.youtube.com/@agussalimnasutionmandailing2/videos EVOLUSI PENDIDIKAN MANDAILING 419 (EMPAT RATUS SEMBILAN BELAS) TAHUN DI TAHUN 2...