Sabtu, 29 Juni 2013

OPINI, PENGANTAR JBAR (JURNAL BULANAN ANALISIS RISET) BULAN MEI 2013

https://www.youtube.com/c/agussalimnasutionmandailing?sub_confirmation=1
                                                                                                   PENGANTAR
                                                     JBAR (JURNAL BULANAN ANALISIS RISET)
                                                      oleh : Agussalim, ST bin Abdur Rahim Nasution
                                                            [Pendiri dan Ketua Umum MPP(G) YMR, Majelis
                                                            Pimpinan Pusat (Global) Yayasan Mandailing
                                                            Raya]

                                                                           THE INTRODUCE
                                            OF  THE MONTHLY JOURNAL RESEARCH ANALYSIS
                                                        by : Agussalim, ST bin Abdur Rahim Nasution
                                                           [Founder and General Chairman of The Central
                                                           (Global) Leadership Assembly of The Great
                                                           Mandailing Foundation]

 
LEMBAGA-LEMBAGA YANG DIBUTUHKAN OLEH YMR (YAYASAN MANDAILING RAYA)
THE INSTITUTIONS ARE NEEDED BY THE GREAT MANDAILING FOUNDATION

Ada pun lembaga-lembaga mitra kerja yang dibutuhkan oleh YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang diprioritaskan yaitu,
1. Jurusan Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya, Palembang – Indonesia.
2. Jurusan Teknik Pertambangan, Fakultas Teknologi Mineral, ITB (Institut Teknologi Bandung) – Indonesia.
3.  Jurusan Teknik Pertambangan, Fakultas Teknologi Mineral Usakti (Universitas Trisakti), Jakarta – Indonesia.
4.Jurusan Teknik Pertambangan, Fakultas Teknologi Mineral UPN’V’ (Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’) Jogjakarta – Indonesia.
5.  Jurusan Teknik Pertambangan Unisba (Universitas Islam Bandung) – Indonesia.
6.  Jurusan Teknik Pertambangan UNP (Universitas Negeri Padang) – Indonesia.
7.  Jurusan Teknik Pertambangan ITM (Institut Teknologi Medan) – Indonesia.
8. Jurusan Teknik Pertambangan Unmul (Universitas Mulawarman) – Indonesia.
9. dan lainnya.
The institutions as working partnership are needed by The Great Mandailing Foundation are priority are,
1.  Mining Engineering Department, Engineering Faculty, Sriwijaya University, Palembang – Indonesia.
2.  Mining Engineering Department, Mineral Technology Faculty, Bandung Institute of Technology – Indonesia.
3.  Mining Engineering Department, Mineral Technology Faculty of Trisakti University, Jakarta – Indonesia.
4.  Mining Engineering Department, Mineral Technology Faculty of National Development University ‘Veteran’ Jogjakarta – Indonesia.
5.  Mining Engineering Department of Bandung Islam University – Indonesia.
6.  Mining Engineering Department of Padang State University – Indonesia.
7.  Mining Engineering Department of Medan Institute of Technology – Indonesia.
8.  Mining Engineering Department of Mulawarman University – Indonesia.
9.  Etc.
Lembaga-lembaga tersebut merupakan basis utuh menyeluruh (inherent) yang berbobot positif bagi kelanjutan dan kelangsungan metodologis yang digunakan dalam mengoptimalkan seluruh kinerja yang dimiliki sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam membangun eksistensional YMR (Yayasan Mandailing Raya) ke depan, dengan mengedepankan seluruh nilai-nilai ilmiah yang terdapat di dalamnya.
The institutions are inherent base in positive quality for the continiouity and sustainaibility of the methodologic is used in optimalite all working performance are owned as the part cant be separated in building the existentional of The Great Mandailing Foundation to the next future, with priority all scientific equation values there are in it.
Proses acuan dan nalar logis yang tersebut di atas, pada dasarnya diwujudkan dalam bentuk formulasi aktual yang sesungguhnya bagi masa depan kinerja sinergi yang ada, yang sepenuhnya terfokus ke dalam bentuk metodologis ilmiah yang sesungguhnya.
The reference process and the logic thinking were mentioned above, in its basement realitated in the actual formulation in reality for next future of matching working performance there is, in fully focused to the scientific equation methodologic shape in factual.
Kita menemukan secara nyata formulasi aktualitas dan faktual yang ada dalam bentuk metodologis yang seharusnya konsisten dengan masa depan yang akan datang. Pada hakikatnya, realistisasi yang tersebut di atas merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari acuan anutan yang sesungguhnya, bahwa YMR (Yayasan Mandailing Raya) tetap akan berdiri secara eksis dalam melaksanakan agenda yang telah diprogramkan sebelumnya dengan bantuan lembaga-lembaga professional yang dapat diandalkan secara optimal.
We discovery in real about the actuality formulation and the factual formulation there are in the methodologic shape must be consistent with the next future at next future. In its essential, the realistization was mentioned above as the part cant be separated from the fad reference in reality, that The Great Mandailing Foundation always stand up in existing in doing the agenda was programmed at before with helping of professional institutions can be priority in optimal.
Dasar-dasar sistematika penguatan ini adalah bagian utama nyata yang konsisten dengan realistisasi acuan logis yang berawal dari berasal dari lembaga-lembaga ilmiah yang seide dengan YMR (Yayasan Mandailing Raya) ke depan.
The systematic basements of these strengthenings are the real main part be cosnsitent with the logic reference realistization beginning the scientific equation institutions with same idea with The Great Mandailing Foundation to the next future.
Lembaga-lembaga tersebut, tidak hanya terbatas kepada lembaga-lembaga pertambangan energi dan sumber daya mineral yang ada di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. Dengan demikian aktualitas YMR (Yayasan Mandailing Raya) di dalam membangun dan menerapkan YMR (Yayasan Mandailing Raya) sebagai pengkoneksi lembaga-lembaga pertambangan energi dan sumber daya mineral baik yang ada di dalam negeri maupun yang ada di luar negeri tercapai secara optimal. Pendekatan-pendekatan aktualitas YMR (Yayasan Mandailing Raya) dirumuskan melalui penataan yang sesungguhnya, tentang fungsional YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang melakukan akumulasi pembentangan yang sesungguhnya.
Those institutions not only be limited to the institutions of mining of energy and mineral resource. With thus the actuality of The Great Mandailing Foundation in building and implementing The Great Mandailing Foundation as the connectors to institutions of mining of energy and mineral resource there are in Indonesia or foreign can be caught in optimal. The actuality approaches of The Great Mandailing Foundation is made the formula through the management in real, about the functional of The Great Mandailing Foundation doing the spreading accumulation in reality.
Dari naratif nalar logis yang tersebut di atas, selanjutnya YMR (Yayasan Mandailing Raya) mengeksiskan diri sebagai penguat tatanan aktualitatif YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang diformulasikan bagi kesejahteraan dan pencerahan YMR (Yayasan Mandailing Raya) ke depan yang terwujud sebagai akumulatif pembentangan aktual tentang kepentingan khalayak masyarakat banyak dimana YMR (Yayasan Mandailing Raya) salah satunya eksis di bidang pertambangan energi dan sumber daya mineral harus meliputi dan melingkupi YMR (Yayasan Mandailing Raya) sebagai penata strata kekuatan kedaulatan YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sesungguhnya, bagi energi.
From the logic thinking narrative was mentioned above, then The Great Mandailing Foundation existing itself as the actualitative management brace of The Great Mandailing Foundation is formulated for the welfare and the enlightment of The Great Mandailing Foundation to the next future with the shape as the actual spreading accumulative about the civil society interest where The Great Mandailing Foundation in one be exist in field of mining of energy and mineral resource must include and cover The Great Mandailing Foundation as the sovereignity power level manager of The Great Mandailing Foundation in reality, for energy.
YMR (Yayasan Mandailing Raya) melakukan formulatif yang sesungguhnya dan sepenuhnya bagi tatanan aktualitas YMR (Yayasan Mandailing Raya) ke depan yang konsisten dengan isu mediator dan kemampuan lobby-lobby YMR (Yayasan Mandailing Raya) untuk melakukan aktualitatif yang sesungguhnya dan sepenuhnya bagi realitas eksistensi program YMR (Yayasan Mandailing Raya) ke depan, secara akurat dan akomodatif. YMR (Yayasan Mandailing Raya) dinyatakan sebagai bagian utama nyata yang akurat bagi realistisasi YMR (Yayasan Mandailing Raya) ke dalam format, YMR (Yayasan Mandailing Raya) adalah penentu utama nyata dalam proses pendekatan lobby-lobby dan parameter lembaga-lembaga teknologi pertambangan energi dan sumber daya mineral.
The Great Mandailing Foundation doing the formulative in reality and fully for the actuality management of The Great Mandailing Foundation to the next future consistent with issues of mediator and the lobbies capability of The Great Mandailing Foundation to doing the actualitative in reality and fully for the program existent reality of The Great Mandailing Foundation to the next future, in accuracy and accommodative. The Great Mandailing Foundation is mentioned as real main part for the realistization of The Great Mandailing Foundation in format shape, The Great Mandailing Foundation is real main indicator in the approach process of lobbies and parameter of institutions of mining of energy and mineral resources.
Sistematika penguat YMR (Yayasan Mandailing Raya) adalah fakta yang berdasarkan kepada kemampuan YMR (Yayasan Mandailing Raya) dalam melobby lembaga-lembaga teknologi pertambangan energi dan sumber daya mineral lainnya ke depan, sehingga dari akumulatif yang tersebut, selanjutnya YMR (Yayasan Mandailing Raya) sebagai bagian aktualitatif yang sesungguhnya di dalam menatakan sistematika penguatan YMR (Yayasan Mandailing Raya) di dalam mewujudkan dirinya sebagai mediator lembaga-lembaga dan ahli-ahli pertambangan energi dan sumber daya mineral.
The brace systematic of The Great Mandailing Foundation is the fact based on the capability of The Great Mandailing Foundation in doing the lobby to other institutions of mining technology of energy and mineral resources to the next future, so from the accumulative, then The Great Mandailing Foundation as the actualitative part in reality in managing the brace systematic of The Great Mandailing Foundation in realitate itself as mediator of institutions and experts of mining of energy and mineral resources.
Dengan demikian, perumusan YMR (Yayasan Mandailing Raya) di bidang teknologi pertambangan dan energi adalah wajib, yang berhubungan dengan pendekatan-pendekatan YMR (Yayasan Mandailing Raya) di dalam melakukan mediasi ahli-ahli pertambangan energi dan sumber daya mineral, ke depan. Sehingga, akumulatif penataan YMR (Yayasan Mandailing Raya) di bidang teknologi pertambangan energi dan sumber daya mineral adalah wajib diwujudkan YMR (Yayasan Mandailing Raya). Berdasarkan realitas yang tersebut, selanjutnya YMR (Yayasan Mandailing Raya) menatakan suatu system bangunan yang berdasarkan kepada jalinan jaringan kinerja yang difokuskan bagi kesejahteraan dan pencerahan personil YMR (Yayasan Mandailing Raya) secara signifikan, bagi aktualitas masa depan akomodatif yang akan datang.
With thus, the making formula process of The Great Mandailing Foundation in field of mining technology of energy and mineral resource is compulsory, it has the contact with the approaches of The Great Mandailing Foundation in doing the mediation of experts of mining of energy and mineral resource, to the next future. So, the management accumulative of The Great Mandailing Foudantion in field of mining technology of energy and mineral resource is duty be realitated by The Great Mandailing Foundation managing the building system based on the working performance link chain is focused for the welfare and enlightenment of personel of The Great Mandailing Foundation in significant, for the actuality of accommodative next future to the next future.
Dasar-dasar sistematika penguatan yang dibuat ini adalah faktual yang digunakan bagi tatanan alam bangunan YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sesungguhnya secara signifikan. Dengan demikian seluruh bangunan faktualitatif yang ada dijamin melalui tatanan aktual yang aktual bagi realistisasi yang aktualitatif dengan format yang aktualitas yang kondusif sebagai jalinan jaringan aktualitas YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang ditujukan ke depan berdasarkan kepada hakikat realistisasi YMR (Yayasan Mandailing Raya) ke depan.
The systematic bases of strengthening is made in this session is the factual is used for the building nature management of The Great Mandailing Foundation in reality in significant. With thus all factualitative buildings there are be guaranteed through the actual management in actual for the actualitative realistization with the condusive actuality format as the actuality link chain of The Great Mandailing Foundation is aimed to the next future based on the realistization essential of The Great Mandailing Foundation to the next future.
YMR (Yayasan Mandailing Raya) melakukan teori kolektivitas yang dilakukan sebagai bagian utama nyata yang kohesif dan kondusif bagi kesejahteraan dan pencerahan YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang diformulasikan kepada realistisasi acuan anutan YMR (Yayasan Mandailing Raya) ke depan sebagai bagian langsung yang diakumulasikan bagi pendekatan-pendekatan YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sesungguhnya.
The Great Mandailing Foundation doing the collectivity theory is done as real main part in cohesive and condusive for the welfare and enlightenment of The Great Mandailing Foundation is formulated to the fad reference realistization of The Great Mandailing Foundation to the next future as the direct part is accumulated for the approaches of The Great Mandailing Foundation in reality.
Dalil-dalil pendekatan YMR (Yayasan Mandailing Raya) adalah akuratisasi yang diformulasikan bagi kesejahteraan dan pencerahan personil YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sesungguhnya ke depan. YMR (Yayasan Mandailing Raya) diformulasikan bagi realistisasi aktual YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang aktual bagi kesejahteraan dan pencerahan YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sesungguhnya. YMR (Yayasan Mandailing Raya) seperti yang disebutkan sebelumnya adalah jalinan jaringan YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sesungguhnya. Sehubungan dengan hal-hal yang disebut di atas, maka YMR (Yayasan Mandailing Raya) membentuk jalinan jaringan kinerja yang diformulasikan bagi realistisasi faktual YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang memberlakukan dan melakukan aktualitas YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sesungguhnya ke depan.
The approach theorems of The Great Mandailing Foundation is the accuratization is formulated for the welfare and the enlightenment of personel of The Great Mandailing Foundation in reality to the next future. The Great Mandailing Foundation is formulated for the actual realistization of The Great Mandailing Foundation in actual for the welfare and enlightenment of The Great Mandailing Foundation in reality. The Great Mandailing Foundation as mentioned at before is the link chain of The Great Mandailing Foundation in reality. Its contact with the realities were mentioned above, so The Great Mandailing Foundation makes the working performance link chain is formulated for the factual realistization of The Great Mandailing Foundation doing and acting the actuality of The Great Mandailing Foundation in reality to the next future.
Berdasarkan kepada hakikat dari harkat dan martabat kekuatan kedaulatan YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang ada saat ini adalah faktualitatif YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sesungguhnya, kepada tatanan aktualitas YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang ada, sebagai bagian utama nyata yang aktualitas YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sesungguhnya dan sepenuhnya, adalah faktualisasi yang ditujukan kepada YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sesungguhnya ada diformat bagi realistisasi aktualitas YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sesungguhnya.
Based on the essential of graduate and dignity of sovereignity power of The Great Mandailing Foundation there is at today is the factualitative of The Great Mandailing Foundation in reality, to the actuality management of The Great Mandailing Foundation there is, as real main part of actuality of The Great Mandailing Foundation in reality in fully, it’s the factualization is aimed to The Great Mandailing Foundation in reality there is formatted for the actuality realistization of The Great Mandailing Foundation in reality.
Dalil-dalil realistisasi YMR (Yayasan Mandailing Raya) dengan faktualitas yang ada saat ini, dengan demikian YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang faktualitatif dengan kesejahteraan dan pencerahan YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sesungguhnya aktual dengan jalinan jaringan kinerja yang sesungguhnya, dalam tatanan kekuatan kedaulatan YMR (Yayasan Mandailing Raya) di dalam melakukan transformasi yang sesungguhnya dan sepenuhnya bagi aktualitas YMR (Yayasan Mandailing Raya) ke depan. Pendekatan-pendekatan aktualitas YMR (Yayasan Mandailing Raya) harus diwujudkan melalui penataan yang sesungguhnya bagi realistisasi aktualitatif YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang terumuskan melalui sistematika penguatan kekuatan kedaulatan YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sesungguhnya ke depan yang dimulai sejak dini.
The realistization theorems of The Great Mandailing Foundation with the factuality there is at today, with thus The Great Mandailing Foundation in factualitative with the welfare and the enlightenment of The Great Mandailing Foundation in reality be factual with the working performance link chain in reality, in the sovereignity power management of The Great Mandailing Foundation in doing the transformation in reality and fully for the actuality of The Great Mandailing Foundation to the next future. The actuality approaches of The Great Mandailing Foundation must be realitated through the management in reality for the actualitative realistization of The Great Mandailing Foundation is made the formula through the brace systematic of sovereignity power of The Great Mandailing Foundation in reality to the next future begin now.
Dasar-dasar sistematika pembangunan faktualitatif YMR (Yayasan Mandailing Raya) adalah realitas kekuatan kedaulatan YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sesungguhnya ke depan, mulai saat ini, bagi realistisasi idiologis YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang populis di mata khalayak masyarakat banyak yang mengundang simpati yang mendalam bagi lembaga-lembaga pertambangan energi dan sumber daya mineral ke depan secara signifikan. Berdasarkan hakikat dari harkat dan martabat kekuatan kedaulatan itu akan menumbuhkan simpati yang mendalam kepada YMR (Yayasan Mandailing Raya) dengan sepenuhnya dan setulusnya.
The systematic bases of factualitative building processing of The Great Mandailing Foundation is the sovereigity power reality of The Great Mandailing Foundation in reality to the next future, begin today, for the ideologic realistization of The Great Mandailing Foundation be populist in eyes of any civil societies invite the deep symphaty for the institutions of mining of energy and mineral resources to the next future in significant. Based on the essential of graduate and dignity of that sovereignity power will grow the deep sympathy to The Great Mandailing Foundation in fully and sincere.
Pendekatan-pendekatan YMR (Yayasan Mandailing Raya) di dalam menetapkan dan menerapkan tata acuan anutan yang sesungguhnya di dalam membentuk suatu zona kekuatan kedaulatan YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sesungguhnya adalah berdasarkan kepada sistematika logis yang ada sebagai bagian akumulatif YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sesungguhnya yang mendasari bangunan aktualitatif YMR (Yayasan Mandailing Raya) di dalam melakukan perumusan bagi masa depan faktualitatif yang akan datang dengan sepenuhnya dan seutuhnya.
The approaches of The Great Mandailing Foundation in realitate and implement the fad reference management in reality in making the sovereignity power zone of The Great Mandailing Foundation in reality is based on the logic systematic there is as the accumulative part of The Great Mandailing Foundation in reality be the basement for the actualitative building of The Great Mandailing Foundation in making the formula to the factualitative next future at next future with fully and whole.
Dengan adanya sistematika bangunan penguat ini, maka YMR (Yayasan Mandailing Raya) selalu konsisten di dalam menerapkan dan menetapkan aktualitas YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sesungguhnya, bagi masa depan yang akan datang secara signifikan. Sesungguhnya dan sepenuhnya YMR (Yayasan Mandailing Raya) melakukan dalil-dalil aktualitatif yang diformulasikan bagi kesejahteraan dan pencerahan khalayak masyarakat banyak secara faktual dan akomodatif bagi proses urai yang berkelanjutan bagi masa depan YMR (Yayasan Mandailing Raya).
With the existent of this brace building systematic, so The Great Mandailing Foundation always consistent in implement and realitate the actuality of The Great Mandailing Foundation in reality, for the next future at next future in significant. In reality and fully The Great Mandailing Foundation doing the actualitative theorems are formulated for the welfare and the enlightenment of any civil societies in factual and accommodative for the interpretation process in sustainability for the next future of The Great Mandailing Foundation.
YMR (Yayasan Mandailing Raya) seperti yang telah diakumulasikan sebelumnya, membentuk suatu tatanan faktual yang konsiderans dengan aktualitas pendekatan YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang kondusif dengan tatanan faktual kondusif yang tertata sepenuhnya bagi masa depan akomodatif yang konsisten dalam merumuskan bagian aktualitatif YMR (Yayasan Mandailing Raya) sebagai bagian penguat realistis bagi masa depan akomodatif yang sesungguhnya, sehingga dari penataan faktualitatif ini, maka YMR (Yayasan Mandailing Raya) membentuk jalinan jaringan pengefektivan pada dasarnya harus mencakup seluruh idiologis YMR (Yayasan Mandailing Raya) ke depan, yang dimulai sejak kemarin, kemudian dimaterialkan untuk saat ini.
The Great Mandailing Foundation as mentioned at before, making the factual management be considerance with the approach actuality of The Great Mandailing Foundation be condusive with the condusive factual management is managed in fully for the accommodative next future be consistent in making the formulas as accumulative part of The Great Mandailing Foundation as the realistist brace part for the acomodative next future in reality, so from this factualitative management, so  The Great Mandailing Foundation making the link chain to effectivate in its basement must include all ideologies of The Great Mandailing Foundation to the next future, it was begun at yesterday, then materialitate for today.
Realitas YMR (Yayasan Mandailing Raya) terfokus sebagai bagian yang diakomodasikan bagi proses penguatan faktual YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang realistis dengan naratif yang ditujukan ke depan, mulai saat ini bagi aktualitas YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sepenuhnya terformat dalam penataan aktualitas YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sesungguhnya dan sepenuhnya, bagi masa depan mediatif yang ditujukan ke depan, yang berasal dari pemahaman logis kita tentang aktualitas YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sesungguhnya.
The reality of The Great Mandailing Foundation is focus as the part is accommodated for the factual strengthening process of The Great Mandailing Foundation be realistist with the narrative is aimed to the next future, begin today for the actuality of The Great Mandailing Foundation in fully is formatted in the actuality management of The Great Mandailing Foundation in reality and in fully, for the meditative next future will be aimed to the next future, its began from our logic understanding about the actuality of The Great Mandailing Foundation in reality.
Berdasarkan kepada realistisasi aktual tersebut, selanjutnya YMR (Yayasan Mandailing Raya) membentuk suatu zona bangunan yang faktual bagi sistematika mediatif YMR (Yayasan Mandailing Raya) ke depan secara aktual. Jalinan jaringan penguat yang tersebut akan diakumulasikan bagi penerapan logis YMR (Yayasan Mandailing Raya), bahwa YMR (Yayasan Mandailing Raya) eksis di dalam membentuk zona kekuatan kedaulatan yang sesungguhnya bagi kesejahteraan dan pencerahan khalayak masyarakat banyak secara signifikan.
Based on the actual realistization was mentioned, then The Great Mandailing Foundation making the factual building zone for the meditative systematic of The Great Mandailing Foundation to the next future in actual. The brace link chain was mentioned will be accumulated for the logic implementation of The Great Mandailing Foundation, that The Great Mandailing Foundation exist in making the sovereignity power zone in reality for the welfare and enlightenment for any civil societies in significant.
Jalinan jaringan penguatan YMR (Yayasan Mandailing Raya) adalah suatu faktual yang tidak terpisahkan dalam membentuk suatu zona bangunan yang aktual dalam format YMR (Yayasan Mandailing Raya) ke depan, dalam zona pendekatan yang dibuat seoptimalnya harus menginterpretasikan sepenuhnya dan seutuhnya format keahlian YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang salah satunya di bidang teknologi pertambangan energi dan sumber daya mineral ke depan. Tatanan kekuatan kedaulatan yang tersebut, selanjutnya dirumuskan sebagai pelaku utama nyata yang konsisten dengan aplikatif kekuatan kedaulatan ilmiah yang sesungguhnya dan sepenuhnya.
The strengthening link chain of The Great Mandailing Foundation is the factual cant be separated from the making processing of the actual building zone in format of The Great Mandailing Foundation to the next future, in the approach zone is made in optimal must be interpretated in fully and intact about the skill format of The Great Mandailing Foundation in one of those in field of mining technology of energy and mineral resource to the next future. The sovereignity power management was mentione, then it be made the format as the real main actor be consistent with the scientific equation sovereignity power applicative in reality and intact.
Berdasarkan kepada hakikat dari harkat dan martabat kekuatan kedaulatan yang tersebut YMR (Yayasan Mandailing Raya) melakukan akumulatif yang tertata sebagai acuan nyata aktual yang diformulasikan bagi kesejahteraan dan pencerahan khalayak masyarakat banyak dengan sepenuhnya dan sesungguhnya. Berdasarkan kepada realistisasi aktualitatif YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang melakukan formulatif langsung ke depan, dalam faktualitatif YMR (Yayasan Mandailing Raya) sebagai penentu utama nyata aktual YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang diformulasikan bagi kesejahteraan dan pencerahan YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sesungguhnya dan sepenuhnya bagi realistisasi aktual yang ditujukan ke depan, dengan seluruh naratif logis formil YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sesungguhnya ke depan.
Based on the essential of graduate and dignity of sovereignity power was mentioned The Great Mandailing Foundation doing the accumulative be managed as real actual reference is formulated for the welfare and the enlightenment for any civil societies with fully and reality. Based on the actualitative realistization of The Great Mandailing Foundation doing the direct formulative to the next future, in the factualitative of The Great Mandailing Foundation as the actual real main determinants of The Great Mandailing Foundation is formulated for the welfare and the enlightenment of The Great Mandailing Foundation in reality and intact for the actual realistization is aimed to the next future, with all formal logic narrative of The Great Mandailing Foundation in reality to the next future.
YMR (Yayasan Mandailing Raya) menjadi penguat langsung yang dinyatakan bagi aktualitas YMR (Yayasan Mandailing Raya) berupa pengefektivan sinergitas kinerja YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang konsisten dengan kesejahteraan dan pencerahan dari hakikat harkat dan martabat YMR (Yayasan Mandailing Raya) harus merumuskan pendekatan kepada lembaga-lembaga yang dimaksudkan bukan atas dasar teori literasi tetapi pengalaman yang telah dicapai sebelumnya di dalam melakukan penataan YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang dilahirkan oleh mantan aktivis kampus dan aktivis pemuda.
The Great Mandailing Foundation be the direct brace is mentioned for the actuality of The Great Mandailing Foundation to make it be effective of working performance of The Great Mandailing Foundation consistent with the welfare and the enlightenment of the essential dignity and graduate of The Great Mandailing Foundation must making the approach formula to the institutions are mentioned not base on the literacy but the experience was caught at before in doig the management of The Great Mandailing Foundation is bore by the former of campus and the former of youth.
Adanya bangunan penguat yang tersebut selanjutnya diimprovisasikan untuk membentuk suatu zona kekuatan kedaulatan yang transformatif dengan kesejahteraan dan pencerahan khalayak masyarakat banyak yang sesungguhnya baik secara individual maupun secara kelembagaan yang ditujukan untuk menatakan gerak tindak YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang tidak terpisahkan dan terlepaskan yang salah satunya dari lembaga-lembaga dan ahli-ahli pertambangan energi dan sumber daya mineral secara signifikan, ke depan.
The existent of brace building was mentioned at next future will be improved to make the sovereignity power zone be transformative with the welfare and the enlightenment of any civil societies in factual in individual or in institution will be aimed to manage the action movement of The Great Mandailing Foundation cant be separated from one of those is the institutions and the experts of mining of energy and mineral resource in significant, to the next future.
Seperti yang Saudara lihat, saya menghantarkan JBAR (Jurnal Bulanan Analisis Riset) adalah dengan rumusan taktis pendekatan-pendekatan organisatoris, bukan didasarkan kepada study-studyi literasi yang hanya menganut pendekatan yang tidak konsisten dengan realitas di lapangan tetapi hanya di atas kertas semata. Dengan demikian, YMR (Yayasan Mandailing Raya) perlu memformulasikan sistematika pendekatan-pendekatan yang mengacu sepenuhnya kepada format aktual YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang akan datang, dengan demikian YMR (Yayasan Mandailing Raya) melakukan akuratisasi yang sepenuhnya dan sesungguhnya bagi acuan konsolidatif YMR (Yayasan Mandailing Raya) sebagai pelaku organisasi global yang professional.
As You see, I conducting The Monthly Journal Research Analysis is with the tactic formulating of organizatorist approaches, not based on the literacy studies only embrace the approach not consistent with the field reality but in above the papers only. With thus, The Great Mandailing Foundation needs to make the formula the approaches systematic in fully with reference to actual format of  The Great Mandailing Foundation at next future, with thus The Great Mandailing Foundation doing the accuratization in fully and factual for the consolidative reference of The Great Mandailing Foundation as the actor of global organization with professional.
YMR (Yayasan Mandailing Raya) melakukan formasi faktualitatif yang mengandalkan perumusan-perumusan nyata yang realistis dengan isu profesionalisme YMR (Yayasan Mandailing Raya) menjadi kekuatan kedaulatan YMR (Yayasan Mandailing Raya) dalam merumuskan kinerja ke depan. Dengan demikian YMR (Yayasan Mandailing Raya) tertata sebagai realistisasi faktual YMR (Yayasan Mandailing Raya) ke depan, dengan seluruh jalinan jaringan kinerja yang akurat dengan isu-isu kebijaksanaan dan teori ekonomi energi dan sumber daya mineral yang diformulasikan untuk eksistensi YMR (Yayasan Mandailing Raya) ke depan. Kita tidak pernah melihat dan menganggap lembaga-lembaga pertambangan energi dan sumber daya mineral sebagai alat kekuasaan semata.
The Great Mandailing Foundation doing the factualitative formation with priority the real formulations in factual with realistist with the professionalism isseue of The Great Mandailing Foundation be the sovereignity power of The Great Mandailing Foundation in making the formula of working performance to the next future. With thus The Great Mandailing Foundation is managed as factual realistization of The Great Mandailing Foundation to the next future, with all link chains of working performance in accuracy with the issues of wisdom and the economy theory of energy and mineral resources is formatted for the existent of The Great Mandailing Foundation to the next future. We never see and hopes the institutions of mining of energy and mineral resource as the power tool only.
Faktualitatif YMR (Yayasan Mandailing Raya) dalam memberlakukan dan mengedepankan strategi lobby-lobby adalah mutlak bukan tidak mutlak. Sebab, kekuatan kedaulatan YMR (Yayasan Mandailing Raya) seoptimal apa pun keprofesionalan tanpa diikuti oleh dukungan lembaga-lembaga energi dan sumber daya mineral adalah kurang bijaksana bagi YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang ingin eksis dalam menerapkan seluruh program yang telah dicanangkan sebelumnya.
The factualitative of The Great Mandailing Foundation in doing and priority the lobbying are absolute not without absolute. Because, the sovereignity power of The Great Mandailing Foundation in how optimal about the professional without followed by the support from institutions of energy and mineral resource is less wisdom for The Great Mandailing Foundation want exist in implement all programs were programmed at before.
YMR (Yayasan Mandailing Raya) seperti yang telah disebutkan sebelumnya akan membentuk suatu zona pendekatan dalam eskalasi mikro lokal, lokal, nasional, regional, bahkan global dalam bentuk kinerja YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang mendarmabaktikan dirinya sebagai peneliti professional ke depan.
The Great Mandailing Foundation was mentioned at before will make the approach zone in escalations of micro local, local, national, regional, moreover global in the working performance shape of The Great Mandailing Foundation in dedicating itself as professional researcher to the next future.
Dengan adanya konsepsional yang tersebut, selanjutnya YMR (Yayasan Mandailing Raya) membentuk kerja sama yang dirumuskan dalam bentuk SPK (Surat Perjanjian Kerja), Nota Kesepakatan atau Kesepahaman (MoU, Memorandum of Understanding), Nota Kepatuhan (LoI, Letter of Intent), dan lainnya.
With that conceptional existent, then The Great Mandailing Foundation making the network is formatted in shape of The Working Agreement Letter, MoU (Memorandum of Understanding), LoI (Letter of Intent), and others.
Berdasarkan kepada hakikat kekuatan kedaulatan yang tersebut di atas, selanjutnya YMR (Yayasan Mandailing Raya) memberlakukan mitra kerja sebagai mitra yang diposisikan setinggi-tingginya berupa apresiasi yang seutuhnya. YMR (Yayasan Mandailing Raya) difaktualisasikan sebagai peñata kekuatan kedaulatan yang optimal terhadap realistisasi YMR (Yayasan Mandailing Raya) sebagai penguat faktual yang sesungguhnya yang relevan dengan system strategi aksi program YMR (Yayasan Mandailing Raya) ke depan, yang dilakukan sejak dini dan sekarang.
Based on the essential of sovereignity power was mentioned above, then The Great Mandailing Foundation doing the working partners as partners are positioned in higher as the whole appretiation. The Great Mandailing Foundation is factualitated as the manager of the sovereignity power in optimal to the realistization of The Great Mandailing Foundation as the factual brace in reality be relevant with the program action strategy system of The Great Mandailing Foundation to the next future, its done since the early and now.
 YMR (Yayasan Mandailing Raya) selalu objektif di dalam membentuk dan menatakan aktual yang akumulatif bagi YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang harus professional di dalam membangun dan menjiwai YMR (Yayasan Mandailing Raya) sebagai pelaku utama nyata yang dieksiskan ke depan.
The Great Mandailing Foundation always objective in making and managing the accumulative actual for The Great Mandailing Foundation must be professional in building and ensoul The Great Mandailing Foundation as the real main actor will be existed to the next future.
Akumulatif bangunan faktual ini didasarkan kepada sistematika penguatan yang diacukan bagi realistisasi pendekatan-pendekatan YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang berasal dari tata acuan anutan yang ada ke depan, dengan adanya penguatan kekuatan kedaulatan YMR (Yayasan Mandailing Raya) terhadap realistisasi YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sepenuhnya dan seutuhnya dalam menatakan gerakan aktual YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sesungguhnya dan sepenuhnya. YMR (Yayasan Mandailing Raya) sesuai dengan yang telah disebutkan dan ditetapkan sebelumnya, melalui dialektika faktualitatif YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sepenuhnya dan sesungguhnya ke depan.
This factual building accumulative is based on the strengthening systematic is referred for the approaches realistization of The Great Mandailing Foundation beginning the fad reference management there is to the next future, with the existent of sovereignity power strengthening of The Great Mandailing Foundation for the realistization of The Great Mandailing Foundation in fully and whole. The Great Mandailing Foundation accorded on mentioned at before, through the factualitative dialectic of The Great Mandailing Foundation in whole and reality to the next future.
YMR (Yayasan Mandailing Raya) seperti yang telah diaktualisasikan sebelumnya, adalah tatanan faktualitatif YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sepenuhnya dan sesungguhnya sebagai bagian utama nyata yang sesungguhnya ke depan. Realistisasinya sendiri berupa akumulatif awal yang konsisten dengan kesejahteraan dan pencerahan YMR (Yayasan Mandailing Raya) ke depan, dengan seluruh tatanan kekuatan kedaulatan YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang seoptimalnya bagi realistisasi YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang akurat dan faktual dengan alam bangunan YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sesungguhnya dan sepenuhnya.
The Great Mandailing Foundation as mentioned at before, it’s the factualitative management of The Great Mandailing Foundation in fully and whole as the real main part in reality to the next future. The realistization by itself as the early accumulative be consistent with the welfare and enlightenment of The Great Mandailing Foundation to the next future, with all sovereignity power managements of The Great Mandailing Foundation in optimal for the realistization of The Great Mandailing Foundation in accuracy and factual with the building nature of The Great Mandailing Foundation in reality and fully.
Dasar-dasar kekedaulatan tersebut, maka YMR (Yayasan Mandailing Raya) realistis di dalam menata dan membangun sistematika kekuatan kedaulatan YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sesungguhnya dan sepenuhnya ke depan, mulai saat ini ke depan. Dengan demikian lembaga-lembaga ilmiah pertambangan energi dan sumber daya mineral adalah jalur formulatif yang sesungguhnya aktual dan faktual dengan masa depan yang akan datang.
Those sovereignity bases, so The Great Mandailing Foundation be realistist in managing and building the sovereignity power systematic of The Great Mandailing Foundation in reality and fully to the next future, begin at today to the next future. With thus the scientific equation institutions of mining of energy and mineral resource is the formulative channel in reality be actual and factual to the next future at next future.
Lembaga-lembaga mitra YMR (Yayasan Mandailing Raya) diformulasikan bagi kesejahteraan dan pencerahan YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang aktual dan faktual bagi masa depan YMR (Yayasan Mandailing Raya) adalah jalinan jaringan kekuatan kedaulatan YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang terformulasi melalui penataan aktual YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sesungguhnya ke depan, mulai saat ini bagi masa depan faktualitatif YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sesungguhnya dan sepenuhnya.
The partner institutions of The Great Mandailing Foundation is formulated for the welfare and the enlightenment of The Great Mandailing Foundation be actual and factual for the next future of The Great Mandailing Foundation is the sovereignity power link chain of The Great Mandailing Foundation and formulated through the actual management of The Great Mandailing Foundation in reality to the next future, begin today for the factualitative next future  of The Great Mandailing Foundation in reality and fully.
YMR (Yayasan Mandailing Raya) adalah faktual yang tidak terpisahkan dari naratif YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang diberlakukan bagi kekuatan kedaulatan YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sesungguhnya bagi realistisasi YMR (Yayasan Mandailing Raya) adalah kelakuan dan pemberlakuan kita yang sepenuhnya tentang tatanan alam bangunan YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang terformat sebagai aktualitas nyata bahwa YMR (Yayasan Mandailing Raya) konsisten di dalam menatakan dan mengaktualisasikan seluruh jalinan jaringan yang ada bagi realistisasi YMR (Yayasan Mandailing Raya) ke depan.
The Great Mandailing Foundation is the factual cant be separated from the narrative of The Great Mandailing Foundation in did for the sovereignity power of The Great Mandailing Foundation in reality for the realistization of The Great Mandailing Foundation is the action and our existing in fully about the building nature management of The Great Mandailing Foundation is formatted as the real actuality that The Great Mandailing Foundation consistent in managing and actualitating all link chains there are for the realistization of The Great Mandailing Foundation to the enxt future.
Berdasarkan realistisasi faktualitatif yang tersebut, YMR (Yayasan Mandailing Raya) kohesif dan konsisten di dalam membentuk suatu akumulatif yang terformat melalui jalinan jaringan kinerja yang diakumulasikan bagi kesejahteraan dan pencerahan personil YMR (Yayasan Mandailing Raya) dengan sepenuhnya dan seutuhnya ke depan, dalam hal ini penataan kekuatan kedaulatan diformulasikan bagi tatanan aktualitatif YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sesungguhnya, yang diformulasikan secara optimal ke depan.
Based on the factualitative realistization was mentioned, The Great Mandailing Foundation be cohesive and consistent in making the accumulative is formatted through the working performance link chain is accumulated for the welfare and the enlightenment of personel of The Great Mandailing Foundation with fully and whole to the next future, in this moment the sovereignity power management system is formulated for the actualitative management of The Great Mandailing Foundation in reality, its formulated in optimal to the next future.
Demikian pula, sesungguhnya di dalam realistisasi idiologis yang tersebut, YMR (Yayasan Mandailing Raya) tidak melakukan pendekatan-pendekatan hanya berdasarkan tata acuan idiologis semata, sehingga tatanan kekuatan kedaulatan yang ditemukan adalah pendekatan-pendekatan dialektika sebagai pembentukan jaringan dengan aktualitas yang akumulatif dengan masa depan kesejahteraan dan pencerahan yang ditujukan ke depan secara objektif. Tatanan alam bangunan pikiran tersebut selanjutnya adalah penataan akurat dengan ide-ide YMR (Yayasan Mandailing Raya)  di dalam membangun dan menghantarkan dialektika etis yang sesungguhnya ke depan.
So thus, in its reality in the ideologic realistization was mentioned at before, The Great Mandailing Foundation don’t doing the approaches only based on the ideologic reference management only, but the sovereignity power management is discovered is the dialectic approaches as the link making processing with the accumulative actuality with the next future of welfare and enlightenment is aimed to the next future in objective. The thinking building nature management at then is the accuracy management processing with ideas of The Great Mandailing Foundation in building and conducting the ethic dialectic in reality to the next future.
Sedemikan pula, terhadap tatanan aktualitatif YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang memberlakukan jalinan kekuatan kedaulatan YMR (Yayasan Mandailing Raya) ke depan, jalinan jaringan kekuatan kedaulatan YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang terformulasi melalui penataan yang berdasarkan kepada naratif YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang formulatif dengan tatanan aktualitatif YMR (Yayasan Mandailing Raya) sebagai acuan naratif YMR (Yayasan Mandailing Raya)  adalah faktualitatif YMR (Yayasan Mandailing Raya) ke depan, dalam hal ini YMR (Yayasan Mandailing Raya) eksis di dalam menjabarkan aktualitatif YMR (Yayasan Mandailing Raya)  adalah acuan naratif yang konsisten dengan isu-isu yang kohesif terhadap acuan yang ada saat ini.
So with same thus, for the actualitative management of The Great Mandailing Foundation in doing the sovereignity power link chain of The Great Mandailing Foundation to the next future, the sovereignity power link chain of The Great Mandailing Foundation is formulated through the management based on the narrative of The Great Mandailing Foundation in formulative to the actualitative management of The Great Mandailing Foundation as the narrative reference of The Great Mandailing Foundation is the factualitative of The Great Mandailing Foundation to the next future, in this reality The Great Mandailing Foundation be exist in interpretating the actualitative of The Great Mandailing Foundation is the narrative reference be consistent with cohesive issues for the reference there is today.
Berdasarkan kepada realitas yang tersebut di atas, maka YMR (Yayasan Mandailing Raya) adalah jalinan jaringan kerja yang aktual dengan formulasi YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang ada saat ini, realitas YMR (Yayasan Mandailing Raya) adalah penataan yang ditujukan bagi akomodatif YMR (Yayasan Mandailing Raya) bahwa YMR (Yayasan Mandailing Raya) melakukan konduksivitas nyata.
Based on the reality was mentioned above, so The Great Mandailing Foundation is the working link chain in actual with the formulation of The Great Mandailing Foundation there is at today, the reality of The Great Mandailing Foundation is the management is aimed for the acomodative of The Great Mandailing Foundation that The Great Mandailing Foundation doing the real conductivity.
YMR (Yayasan Mandailing Raya) sesuai dengan ide-ide awal yang ada saat ini, konsisten di dalam membangun dan mengejawantahkan aktualitas YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang akurat dengan masa depan yang akan datang, sehingga YMR (Yayasan Mandailing Raya) adalah faktualitatif kondusivitas YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang terformat sebagai bagian yang akurat dengan ide-ide YMR (Yayasan Mandailing Raya) ke depan. Jalinan jaringan kinerja yang dimiliki oleh YMR (Yayasan Mandailing Raya) adalah faktual yang sesungguhnya ke depan, dengan melakukan analisa data bagi tatanan aktual yang kondusif dengan kesejahteraan dan pencerahan YMR (Yayasan Mandailing Raya).
The Great Mandailing Foundation accorded on the early there is at today, be consistent in building and interpreting the actuality of The Great Mandailing Foundation be accuracy with the next future at next future, so The Great Mandailing Foundation is the condusivity factualitative of The Great Mandailing Foundation is formatted as the accuracy part with ideas of The Great Mandailing Foundation to the next future. The working performance link chain is owned by The Great Mandailing Foundation is the factual in reality to the next future, sith doing the data analysis for the actual management in condusive with the welfare and the enlightenment of The Great Mandailing Foundation.
Dengan demikian, di sini YMR (Yayasan Mandailing Raya) membentuk suatu aplikasi dalam bentuk daftar prospek,
With thus, in this session The Great Mandailing Foundation making the application in shape of prospect list,
TABEL
TABLE

DAFTAR PROSPEK KADER YMR (YAYASAN MANDAILING RAYA)
THE LIST OF CADRE PROSPECT OF THE GREAT MANDAILING FOUNDATION

No
Nama / Alamat / Telp
Name /
Address/Telp
Usia
Age

Status


Pekerjaan
Work
Sumber
Source
Janji Bertemu
Appointment

Tindak Lanjut
Follow-up
Tanggal
Date
Jam
Hour
Hasil
Result





























































Tatanan pendekatan YMR (Yayasan Mandailing Raya) adalah realistisasi aktual yang faktual dengan isu dan ide YMR (Yayasan Mandailing Raya) di dalam membentuk dan merumuskan idiologis kejuangan dan perjuangan YMR (Yayasan Mandailing Raya) ke depan. YMR (Yayasan Mandailing Raya) melakukan pola aktual dan faktual bagi realistisasi idiologis YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sesungguhnya dan sepenuhnya, berdasarkan kepada penataan aktual YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang melakukan dan memberlakukan kaidah-kaidah yang aktual dan faktual bagi masa depan YMR (Yayasan Mandailing Raya) yang sepenuhnya dan sesungguhnya.
The approach management of The Great Mandailing Foundation is the actual realistization be factual with issue and idea of The Great Mandailing Foundation in making and making the formula of ideologic of struggle condition and struggle of The Great Mandailing Foundation to the next future. The Great Mandailing Foundation doing the style in actual and factual for the ideologic realistization of The Great Mandailing Foundation in reality and fully, based on the actual management system of The Great Mandailing Foundation doing and enacting the theorems in actual and factual for the next future of The Great Mandailing Foundation in fully and reality.
Faktualitatif YMR (Yayasan Mandailing Raya)  yang ada saat ini terfokus untuk menatakan kekuatan kedaulatan yang ada menjadi bagian penyerta utama nyata yang aktualitatif dengan masa depan YMR (Yayasan Mandailing Raya)  yang aktual dan akomodatif dengan ide-ide YMR (Yayasan Mandailing Raya) di dalam membangun dan menghantarkan YMR (Yayasan Mandailing Raya)  sebagai organisasi yang pro rakyat.
The factualitative of The Great Mandailing Foundation there is at today is focused to manage the sovereignity power there is be the real main follower in actualitative with the next future of The Great Mandailing Foundation in actual and acomodative with ideas of The Great Mandailing Foundation in building and conducting The Great Mandailing Foundation as the organization pro people.

Roburan Lombang, 01 Mei 2013



Agussalim, ST bin Abdur Rahim Nasution



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEKNIK PERTAMBANGAN UM (UNIVERSITAS MANDAILING), KUM S3 MET 03 OKTOBER 2443 M (KULIAH UMUM SABTU SORE SEPANJANG MASA ELECTRONIC TELECONFERENCE 03 OKTOBER 2443 MASEHI)

  https://www.youtube.com/@agussalimnasutionmandailing2/videos EVOLUSI PENDIDIKAN MANDAILING 419 (EMPAT RATUS SEMBILAN BELAS) TAHUN DI TAHUN...